Festival Durian itu Telah Berlalu

Festival Durian itu Telah Berlalu

  Selasa, 15 December 2015 07:39
MENCICIPI DURIAN: Wakil Ketua TP PKK Kayong Utara, Ny Rahmah Idrus, saat menilai kualitas buah durian yang mengikuti Festival Durian di Desa Sedahan Jaya, Kecamatan Sukadana, kemarin. DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

 
Festival Durian yang dihelat di Desa Sedahan Jaya, Kecamatan Sukadana, telah usai. Selain dengan mengelar lomba dari kualitas buah durian tersebut, panitia turut mengelar perlombaan permainan daerah dan lomba makan buah durian, yang diikuti warga negara asing (WNA). DANANG PARSETYO, Sukadana

PAGI itu, Sabtu (12/12) terlihat para peserta antusias untuk menampilkan buah durian dengan kualitas terbaiknya, yang diserahkan kepada panitia untuk mengikuti kontes buah durian, yang akan diuji oleh para dewan juri. Satu persatu tim juri untuk menilai kualitas dari buah durian pilihan kurang lebih 20 peserta pada perlombaan tersebut.

Kepala Desa (Kades) Sedahan Jaya Nazanadira mengatakan jika kegaiatan ini  merupakan bentuk dukungan Pemerintah Desa (Pemdes) dalam mempromosikan potensi wisata di Desa Sedahan Jaya kepada masyarakat luas. Menurut dia, dengan kegiatan ini sangat mendapatkan respons positif dari masyarakat.  

“Saya menilai potensi wisata kita sangat baik untuk dikenalkan kepada masyarakat luas. Bahkan kegiatan ini diikuti juga para turis asing. Untuk itu, tujuan kita ingin mengembangkan destinasi wisata di sini (Kayong Utara, Red). Untuk itulah kita adakan beberapa item kegiatan di Festival Durian,” ucap sang Kades ketika itu. Nazanadira pun sangat berharap agar Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) dapat menjadi ujung tombak segala kegiatan yang terdapat unsur promosi wisatanya. Karena, sambung dia, adanya kegiatan ini tentunya akan menjadi suatu kegiatan budaya yang menjadi lebih besar lagi, dan dapat dilaksanakan lebih meriah. “Kita sejak awal sudah inginnya peran Dinas Pariwisata pada kegaiatan ini lebih besar. Karena kita ingin Dinas Pariwisata dapat menjadi yang terdepan, sedangkan pihak Desa (Sedahan Jaya) dapat men-support, guna mengakat Kabupaten Kayong Utara, baik dari budaya maupun parawisatanya,” harap Kades.

Selain itu, dia juga berpesan kepada masyarakat di desanya agar dapat menjaga wilayah Taman Nasional Gunung Palung. Dengan kegaiatan ini, setidaknya, dia berharap masyarakat dapat menjaga sebaik mugkin hutan yang ada, dengan tidak merusak lingkungan, agar buah durian dapat terjaga kualitasnya.

“Desa Sedahan Jaya ini sangat dikenal wilayah Taman Nasional (Gunung Palung). Untuk itu, kita sama-sama berfikir bagaimana caranya kawasan ini dapat benar benar dipertahankan. Salah satunya dari kebun durian kita ini. Apalagi kebun durian di sini rata-rata masuk dalam kasawan Taman Nasional. Nah, dengan kegiatan ini kita berharap dapat memicu bagaimana masyarakat dapat terus menjaga semangat dalam mempertahankan kebun durian yang menjadi unggula ini,” harapnya.

Sementara itu, Fandi, salah satu warga menilai jika kegitan ini sangat menarik. Dia berharap tahun depan dapat dilakukan lebih meriah lagi. Apalagi, dia menambahkan, pada kegiatan ini turut diadakan dengan memakan buah durian sepuasnya, dengan hanya membayar Rp50 ribu. “Kita datang karena dengar makan durian sepuasnya, tapi bayar Rp50 ribu. Tapi tidak apa, karena kita bisa makan sepuasnya, dan bisa memilih durian yang bagus-bagus. Untuk ke depannya semoga saja kegiatan ini dapat terus berjalan, dan lebih meriah lagi,” tutupnya. (*)

 

Berita Terkait