Festival Danau Sentani 2016 Digelar di Khalkhote

Festival Danau Sentani 2016 Digelar di Khalkhote

  Senin, 13 June 2016 15:00

Berita Terkait

Kabupaten Jayapura akan menggelar Festival Danau Sentani (FDS) 2016 di kawasan wisata Khalkhote, Sentani Timur, 19-23 Juni.

"Pesta budaya Danau Sentani kali pertama digelar tahun 2007. Jadi perhelatan tahun ini yang kali kesembilan," kata Bupati Jayapura Mathius Awoitauw. "Kami akan tebarkan Pesona Indonesia dan keindahan Danau Sentani."

Menurut Awoitauw, akan ada beragam pergelaran kesenian tradisional suku asli Sentani. Juga akan ada penobatan Ondoafi dan sajian kuliner khas Papua.

"Wisatatan dari Eropa dan Asia, khususya Jepang, akan datang ke sini," kata Awoitauw. "Jayapura memiliki nilai historis bagi orang Jepang, karena di tempat ini banyak makam tentara Dai Nippon yang tewas dalam Perang Pasifik."

FDS 2016 juga akan diramaikan industri kreatif. Pemprov Papua akan mendorong ikon-ikon pariwisata utama Papua tampil dan banyak dieksplorasi. 

"Kami akan menghadirkan produk kerajinan kulit kayu, batik Papua, produk olahan cokelat, kopi, sagu, dan buah merah," kata Awoitauw.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyampaikan selamat dan sukses kepada Bupati Awoitauw, yang kembali menampilkan keindahan Danau Sentani dan semua budayanya.

"Danau Sentani punya keindahan dan kekuatan atraksi," kata Menpar Arief Yahya. "Lengkap dengan budaya yang berbeda-beda."

Terdapat 24 desa di sekitar Danau Sentani. Setiap desa punya adat berbeda, tapi berasal dari budaya yang sama. Ini terlihat dari sistem kepercayaan dan ritual masing-masing.

Namun, 24 desa itu punya lembaga yang menyatukan mereka, namanya Isolo. Festival Danau Sentani 2016 akan memperlihatkan bagaimana Isolo menyatukan semua adat yang berbeda.

Berita Terkait