Felicia, Juara Kedua DBS Young Economist Stand Up 2015

Felicia, Juara Kedua DBS Young Economist Stand Up 2015

  Selasa, 15 December 2015 07:05
PENGHARGAAN : Felicia Putri (tengah) mahasiswi asal Pontianak, mendapat juara kedua dalam DBS Young Economist Stand Up 2015. FELICIA FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

Salah satu mahasiswi asal Kota Pontianak kembali mengukirkan prestasinya di panggung nasional. Dalam ajang DBS Young Economist Stand Up 2015, Felicia Putri sukses meraih juara kedua dan mendapat kesempatan monitoring dari Chef Economist di Singapura. IDIL AQSA AKBARY, Pontianak

Raut wajah penuh bahagia terlihat dari wajah Felicia Putri saat bertandang ke Redaksi Pontianak Post, Senin (14/12) kemarin. Tentu, rasa bangga pun masih dirasakan kedua orang tuanya, Hendrikus Tjiasaka (47 tahun) dan Herina (46 tahun) yang ikut menemani. Belum lama ini, Felica yang kini masih tercatat sebagai mahasiswi semester V, Jurusan Perbankan dan Keuangan di President University Jakarta berhasil menjadi juara kedua kompetisi DBS Young Economist Stand Up 2015.

Bukan hal mudah untuk meraih prestasi tingkat nasional ini. Gadis 20 tahun itu menceritakan, keikutsertaannya berawal dari iseng semata. Dimana kompetisi ini diawali dengan seleksi dari viedo-video mengenai bagaimana inovasi untuk meningkatkan perekonomian Indonesia dengan potensi yang ada.

Peserta hanya cukup mengirimkan video singkatnya melalui Youtube. “Awalnya dari melihat video teman, kebetulan saya banyak kenalan mahasiswa di UI yang ikut. Iseng-iseng saya coba, karena durasinya juga hanya tiga menit,” terangnya. Kemudian, dari sekitar 300 sampai 400 video yang masuk, terpilih 24 semifinalis dan berhak hadir ke tingkat selanjutnya dalam DBS Young Economist Stand Up 2015 di Jakarta, 19-24 November lalu. Dalam semifinal itu sendiri mereka harus mempresentasikan secara langsung apa yang dibuat di video sebelumnya. Baru kemudian dari sana diambil 11 besar.

Masuk 11 besar, alumnus SMA Santu Petrus Pontianak ini kembali harus presentasi di hadapan dewan juri. Dari sana barulah terpilih tiga besar dan anak pertama dari dua bersaudara ini meraih juara kedua. “Ketiga juara ini berkesempatan diundang ke Singapura untuk mentoring langsung dengan Chef Economist di sana pada Januari 2016 nanti,” ujarnya.  Selain itu ke-24 finalis juga dikatakan berhak untuk magang di Development Bank of Singapore (DBS) Indonesia.

Mahasiswi yang maraih beasiswa 100 persen di  President University Jakarta ini menjelaskan, terkait materi yang dibawakan, dia mengambil tema tentang literasi keuangan untuk akselerasi pembangunan di Indonesia. Menurutnya hal itu sejalan dengan tema yaitu peluang Indonesia di tahun 2020. Dia mengakui persaingan dala kompetisi memang cukup ketat. “Mahasiswa yang lolos 24 besar pun kebanyakan berasal dari universitas ternama di Indonesia seperti UI, UGM dan lain-lain,” ucap mahasiswi yang bercita-cita bekerja di pemerintahan ini.

Dari hasil kemenangan itu, sebagain uang hadiah juga rencananya akan disumbangkan untuk investment club di kampusnya. Dengan harapan akan lebih banyak investor muda yang mau terjun ke pasar modal. Sesuai dengan tema yang diangkat dalam presentasinya. Sang ayah, Hendrikus Tjiasaka merasa bangga atas prestasi yang telah diraih anaknya. Dia berharap apa yang sudah diraih Felicia bisa menjadi motivasi untuk mahasiswa lainnya, khususnya dari Kalbar agar dapat berprestasi dan mengharumkan nama daerah.**

Berita Terkait