Federer Akhiri Musim Lebih Cepat

Federer Akhiri Musim Lebih Cepat

  Jumat, 29 July 2016 10:25
Roger Federer

Berita Terkait

BASEL - Harapan Roger Federer tampil di Olimpiade Rio 2016 pupus. Setelah berkonsultasi dengan tim medis yang merawat cedera lutut kirinya, Federer kemarin resmi mengumumkan mengakhiri penampilan di lapangan tenis musim ini. Dia berharap keputusan tersebut bisa membuatnya comeback musim depan dengan lebih fit.

Ranking tiga dunia itu kemarin dini hari WIB mengumumkan keputusan tersebut melalui akun Facebook miliknya. ''Dokter memberiku saran, jika masih ingin bertanding di ATP World Tour beberapa tahun ke depan tanpa merasakan sakit di lutut, aku harus istirahat cukup,” tulis pemilik 17 titel grand slam itu.

Federer memang harus pandai-pandai menjaga kondisi. Pada 8 Agustus mendatang, usianya sudah genap 35 tahun. Meski mengambil keputusan ini, para penggemar Federer tidak perlu khawatir. Petenis asal Swiss itu juga memastikan  belum memiliki niat untuk mengakhiri karir tenisnya. ''Dia akan siap memulai semuanya musim depan,” ucap Tony Godsick, agen Federer seperti dilansir Associated Press.

Keputusan ini membuat Federer menjadi anggota petenis big four pertama yang absen di Olimpiade Rio. Novak Djokovic, Andy Muray, dan Rafael Nadal sampai saat ini masih terdaftar membela negara masing-masing di Brasil mulai 6 Agustus mendatang.

Sepanjang karier, Federer sudah mempersembahkan satu emas dan satu perak untuk Swiss dari Olimpiade. Pada Olimpiade 2012 London, dia meraih perak dari nomor tunggal. Sementara itu, pada Olimpiade Beijing 2008, dia mempersembahkan emas dari kategori ganda. Saat itu dia berpasangan dengan Stanislas Wawrinka.

Sejatinya, Federer di Olimpiade Rio ini diharapkan menjadi andalan Swiss di tiga nomor sekaligus. Dia direncanakan turun di nomor tunggal, ganda putra (dengan Wawrinka), dan ganda campuran (dengan Martina Hingis).

Tercatat sudah delapan petenis memastikan absen. Sebelumnya, nama-nama yang mundur terlebih dahulu adalah Milos Raonic, Dominic Thiem, John Isner, Feliciano Lopez, Tomas Berdych, Nick Kyrgios, dan Bernard Tomic.

Dengan mengundurkan diri dari semua ajang, Federer resmi mengakhiri musim ini tanpa mengangkat satupun trofi. Ini adalah kali pertama sejak 2000 dia puasa gelar dalam semusim. (irr/tom)

Berita Terkait