Fasilitasi Alsintan

Fasilitasi Alsintan

  Rabu, 10 Agustus 2016 10:28
Foto: Demontrasi Alsintan yang diperagakan anggota Kodim 1202/Skw kepada para petani di wilayah Singkawang Utara. HARI KURNIATHAMA/PONTIANAK POST

Berita Terkait

KODIM 1202/SKW melakukan fasilitasi kepada petani dalam penggunaan alat dan mesin pertanian yang diberikan pemerintah pusat, kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan petani akan teknologi dalam pertanian.

Dandim Singkawang Letkol Czi Darody Agus mengatakan pihaknya memediasi penggunakan alsintan hibah dari Pemerintah Pusat yang ada di Kodim 1202/Skw, khususnya alat berat traktor untuk olah tanam.

Kodim 1202/Skw bersama Dinas Pertanian Singkawang, mengadakan sosialisasi pinjam pakai alsintan jenis traktor di Makodim ,kepada Poktan (kelompok tani) Singkawang, dan Bengkayang.

 “Dengan pelaksanaan kegiatan demontrasi Alsintan kita berharap dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan Kelompok UPJA/Poktan/Gapoktan dalam mengoperasionalkan Alsintan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapten Inf Surjarno, dari Koramil Pemangkat, menuturkan, akan mengakomodir alat berat jenis traktor tersebut kepada para petani yang membutuhkan, tetapi dengan catatan, digunakan hanya untuk yang berkaitan dengan pertanian ,dan tidak diperkenankan digunakan untuk sektor lain. Selain itu, traktor ini bisa digunakan hanya kepada “driver” yang menguasai bentuk secara teknis penggunaannya, dan tidak boleh digunakan sembarangan.

 “Secara spesifik alat berat ini sangat beresiko salah penggunaannya, dan mengusulkan adanya pelatihan khusus terlebih dahulu sebelum dapat diperbolehkan digunakannya,” katanya.

Disamping itu, kata dia, penggunaan yang rawan dan beresiko, traktor tersebut harus diawasi pada setiap penggunaannya, baik dari pihak Koramil maupun dari kelompok tani yang bersangkutan, agar dapat dipertanggungjawabkan penggunaannya.

Sementara Hamka mewakili dari Dinas Pertanian Singkawang, menjelaskan, bila penggunaan alat berat traktor ini harus memperhatikan beberapa faktor penting yang dominan, pada saat menggunakannya, tidak seperti alat jenis seperti hand traktor maupun transplanter. (har)

Berita Terkait