Faktor Cuaca Bisa Menghambat Sail Karimata

Faktor Cuaca Bisa Menghambat Sail Karimata

  Jumat, 16 September 2016 11:04
CUACA: Gubernur Kalbar Cornelis memaparkan ke Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengenai kondisi cuaca yang menghambat Festival Sail Karimata 2016 di Kayong Utara, Oktober mendatang. ISTIMEWA

Berita Terkait

PONTIANAK - Gubernur Kalimantan Barat Cornelis memastikan pemprov sudah berusaha maksimal untuk menyukseskan Festival Sail Karimata yang akan digelar di Kabupaten Kayong Utara, pertengahan Oktober mendatang. 

Upaya itu, sebut Cornelis, mulai dari pembenahan infrastruktur untuk sampai ke lokasi acara. Seperti akses dari Pontianak menuju ke Rasau Jaya, kemudian ke Teluk Batang hingga akhirnya sampai ke Kayong Utara. 

Begitu juga akses Jalan dari Ketapang menuju ke Sukadana. Dia memastikan tidak luput dari perhatian pemerintah provinsi. Pengerjaan di jalan tersebut sudah dilakukan dan saat ini statusnya sudah menjadi jalan nasional. Oleh karena itu dia berharap tidak ada kendala dari sisi akses jalan menuju ke lokasi acara. 

“Melalui UPJJ sudah diperbaiki. Lubang-lubangnya sudah ditambal,” ungkap Cornelis.

Namun menurut Cornelis kendala yang dialami saat ini justru pada dana alokasi umum (DAU) yang ditunda pencairannya dari September hingga Desember. “Jadi totalnya mencapai Rp270 miliar,” sebut Cornelis. 

Kendati demikian dia sudah berkonsultasi dengan Kementerian Keuangan mengenai penundaan itu. Menurutnya solusi yang ditawarkan yakni proyek yang sudah dikerjakan di tahun 2016 tetap berjalan tapi pembayarannnya ditunda. 

Selain itu Cornelis juga mengungkapkan kendala lain yang bakal dialami yakni faktor cuaca. Dia mengingatkan jika cuaca adalah hal penting yang harus diperhatikan. 

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofosika (BMKG) harus memperhatikan perubahan iklim yang mengakibat kondisi cuaca susah ditebak.

“Masalah cuaca susah ditebak karena perubahan Iklim. Apalagi dari Sukadana ke Pulau Maya Karimata menggunakan Speed 500 PK cukup jauh. Minimal seminggu sampai hari H jam D harus sudah diperkirakan cuacanya,” jelasnya. 

Terkait dengan kendala itu, Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan meminta BMKG mengecek cuaca sebelum perhelatan Sail Karimata digelar.

“Dari pengecekan itu, nantinya bisa diambil langkah-langkah antisipasi,” pungkasnya. (mse) 

Berita Terkait