FAI UM Pontianak Kunjungi IPG Sarawak , Nilwani Tanam Durian di Kampus Batu Lintang

FAI UM Pontianak Kunjungi IPG Sarawak , Nilwani Tanam Durian di Kampus Batu Lintang

  Selasa, 23 February 2016 10:24
TANDATANGANI LOI: H Nilwani Hamid dan Mahadi Hj Khalid saat menandatangani LoI disaksikan Pengarah dan Timbalan pengarah IPG Sarawak. FOTO IST

Berita Terkait

UNIVERSITAS Muhammadiyah (UM) Pontianak dalam hal ini Fakultas Agama Islam (FAI), menjalin kerjasama dengan Islamic and Moral Studies Departement Institute of Teaching Education/Institute Pendidikan Guru (IPG) Kampus Batu Lintang Sarawak Malaysia.

Kerjasama dituangkan melalui penandatanganan Letter of Intent (LoI) terkait upaya peningkatan kualitas pendidikan di kedua institusi pendidikan beda negara tersebut. Adapun kerjasamanya meliputi; Kerjasama dalam kegiatan penelitian dan penerbitan, Keikutsertaan dalam seminar dan pertemuan akademik, pertukaran materi dan informasi akademik, Mengembangkan keahlian yang bekelanjutan dan Kegiatan-kegiatan terkait lainnya dari waktu ke waktu.

LoI ditandatangani Dekan FAI UM Pontianak, H Nilwani Hamid SAg MPd dan Head Of Islamic and Moral Studies Departement, IPG Batu Lintang Sarawak Malaysia, Mahadi Hj. Khalid, Ba Hons MEd, bertempat di Auditorium IPG kampus Batu Lintang Sarawak pada 30 Januari 2016, disaksikan pengarah IPG, Cikgu Bedui bin Une dan timbalan pengarah Puan Anis Alisya Abdullah serta para dosen (pensyarah) dan mahasiswa dari kedua perguruan tinggi dua negara berbeda tersebut.

Menurut H Nilwani Hamid kerjasama dilakukan bertujuan menjalin persahabatan melalui sharing seputar penelitian dan penerbitan serta publikasi ilmiah, keikutsertaan dalam seminar dan pertemuan akademik pertukaran informasi materi akademik mengembangkan keahlian yang berkelanjutan  termasuk pertukaran mahasiswa. “Penandatanganan LoI ini tentunya juga sebagai salah satu jawaban dalam menghadapai era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), agar lulusan FAI UM Pontianak dapat menjadi lulusan yang memiliki kualitas keilmuan yang mumpuni serta mampu bersaing dengan lulusan universitas lainnya,” katanya.

Usai melakukan penandatanganan LoI, kegiatan dilanjutkan studi lapangan dan mengunjungi berbagai fasilitas pendidikan yang berada dilingkungan kampus IPG Serawak Malaysia, dan berakhir dengan penanaman pohon durian di salah satu sudut kampus IPG oleh Dekan FAI besama Head Islamic and moral Studies Departement. Rangkaian kegiatan kunjungan ini berlangsung dari 29 Januari hingga 1 Februari 2016.

Dalam sambutannya sebelum LoI ditandatangani, Cikgu Bedui bin Une, mengapresiasi dan berharap kerjasama antara FAI UM Pontianak dan IPG dapat terus berlanjut dan dikembangkan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di kedua kampus yang berbeda negara tersebut.

Sementara Nilwani Hamid mengungkapkan, rasa kegembiraan atas sambutan dari IPG untuk kerjasama yang akan dibangun dan dikembangkan hingga masa-masa mendatang. “Apalagi Malaysia dan Indonesia memiliki banyak persamaan dan kedekatan kultural dan histories, sehingga berpotensi menjadi mitra kerjasama yang saling mendukung. Kebudayaan dan bahasa melayu serta agama Islam tentu banyak mewarnai corak sejarah kedua bangsa. Selain itu yang tidak kalah strategisnya, adalah kedekatan secara geografis yang berbatasan langsung antara Kalbar (Pontianak) dan Serawak Malaysia,” pungkasnya.(d4/ser)

Berita Terkait