Even Lari Hebohkan Dunia

Even Lari Hebohkan Dunia

  Jumat, 4 December 2015 08:44

Berita Terkait

BISA dibilang, acara lari yang lagi hit sekarang tuh terinspirasi dari event maraton. Yakni, ajang lari jarak jauh jalan raya. Nah, nama maraton itu berasal dari legenda Pheidippides. Dia adalah seorang prajurit Yunani yang dapat tugas menempuh perjalanan dari Kota Marathon, Yunani, ke Athena untuk mengumumkan bahwa bangsa Persia telah dikalahkan pada Pertempuran Maraton. Saat itu Pheidippides berlari tanpa henti, lalu meninggal. Saat ini sudah banyak event lari yang berkembang. Mulai ajang yang tradisional kayak maraton pas ulang tahun kota hingga acara yang festive banget. Beberapa acara yang heboh adalah:

 

ELECTRIC RUN

Festival yang diadakan bergiliran di berbagai kota di seluruh dunia ini mengharuskan peserta berdandan unik dan kreatif. Yep, sesuai dengan namanya, peserta electric run juga diwajibkan mengenakan aksesori yang berwarna-warni dan menyala. Serunya lagi, trek electric run sepanjang 5 kilometer akan dihias berbagai hiasan dan lampu-lampu colorful yang superkeren. Selain itu, kamu bakal lari sambil diiringi dentuman EDM (electronic dance music) dan perform DJ live di garis finis.

 

RUNNING OF THE BULLS

Nah, yang ini adalah salah satu festival lari tradisional yang bermula di Kota Pamplona, Spanyol. Dalam festival tersebut, sejumlah pelari akan berlari di sepanjang trek berpagar sambil dikejar banteng. Mereka bakal berusaha lari lebih cepat daripada banteng tersebut hingga finis. Menurut sejarahnya, kebiasaan itu berawal dari festival banteng pada zaman dulu. Untuk memindahkan banteng dari stadion, disiapkan seorang pelari cepat yang akan memancing banteng itu berlari ke stadion.

 

BOSTON MARATHON

Eits, tapi ada juga loh acara lari yang menyeramkan. Yaitu, peristiwa bom di Boston Marathon pada 15 April 2013. Saat itu bom tiba-tiba meledak di dekat garis finis, Boylston Street. Peristiwa itu merenggut tiga nyawa dan membuat 264 orang luka-luka. Meski lagi senang-senang, kamu harus tetap waspada ya. Sebelum kamu ikut running event, pertimbangkan juga keamanan dan penjagaan acara tersebut. Happy running, gals! (*/det)

 

Berita Terkait