Eropa Membara, 16 Besar Liga Champions Mulai Bergulir

Eropa Membara, 16 Besar Liga Champions Mulai Bergulir

  Selasa, 16 February 2016 20:41

Berita Terkait

SETELAH  jeda dua bulan lebih, Liga Champions kembali bergulir. Mulai dini hari nanti WIB, 16 klub tersisa bakal saling sikut demi membuka jalan menuju final di San Siro, Milan, pada 28 Mei mendatang.

Terbagi menjadi empat matchday, hanya ada empat pertandingan yang digelar di pekan ini. Dibuka dini hari nanti WIB dengan laga Paris Saint-Germain (PSG) menjamu Chelsea di Parc des Princes, Paris. Dan, di Estadio Da Luz, Lisbon, Benfica bertindak sebagai tim tuan rumah menjamu Zenit St Petersburg.

Sedangkan dua laga lain lainnya baru dimainkan besok dini hari WIB (18/2). Real Madrid akan menantang tuan rumah AS Roma di Olimpico. Adapun di Ghelamco Arena, Wolfsburg akan menantang tuan rumah Gent.

Lalu, kapan juara bertahan Barcelona turun ke lapangan? La Blaugrana – julukan Barcelona – baru bertanding pekan depan kontra Arsenal. Leg pertama dihelat Emirates, London. Persisnya pada Rabu, 24 Februari, dini hari WIB.

“Tenang, Arsenal tidak akan bisa menang,’’ ungkap bek kanan Barca, Dani Alves, seperti memprovokasi, seperti dikutip The Times.

Berdasarkan statistik yang disebut dalam situs resmi UEFA, tingkat kelolosan klub dari babak 16 Besar ini mencapai 71,8 persen jika berhasil memenangi laga tandang di leg pertama. Persentase itu diambil dari sejak Liga Champions musim 2003-2004.

 

Kalaupun tidak menang, tim-tim yang harus melawat di leg pertama mesti berupaya keras

mencetak gol. Sebab, sekitar 80,5 persen klub lolos dari fase 16 Besar dengan modal gol tandang.

Musim lalu Chelsea harus merasakan pahit karena urusan gol tandang ini. Ketika itu, dalam fase yang sama dan menantang lawan yang sama, The Blues – julukan Chelsea – tetap tersingkir dari 16 Besar meski bisa menahan imbang Paris Saint-Germain (PSG) 1-1 dalam first leg di Parc des Princes, Paris.

Gara-garanya, dalam leg kedua di Stamford Bridge, PSG sukses mencetak dua gol away untuk mengakhiri skor 2-2. Agregat memang sama 3-3. Tapi, karena PSG bisa mencetak gol tandang lebih banyak, merekalah yang lolos.

Belajar dari pengalaman itu, penjaga gawang Thibaut Courtois meminta rekan-rekannya lebih berhati-hati lagi. Salah satunya, dengan berusaha menjaga agar gawangnya tetap clean sheet dini hari nanti WIB.

Tapi, perjalanan di musim ini memperlihatkan itu masih sulit dia lakukan. Di Premier League, misalnya. Dari 15 penampilannya, hanya empat laga yang bisa dia akhiri tanpa kebobolan. Alias hanya 26,6 persen saja keberhasilan kipper Belgia itu menjaga gawangnya agar tetap perawan.

Dalam dua laga Premier League terakhir saja mantan penjaga gawang Atletico Madrid itu gagal mencatat clean sheet. Dua laga kebobolan dua gol. ’’Tidak mudah memang. Namun itu harus saya lakukan untuk revans dan melangkah lebih jauh di Liga Champions tahun ini,’’ katanya, seperti dikutip dari Soccerway. (ren/ttg)

 

Berita Terkait