Era Kejayaan Sepakbola Spanyol Berakhir?

Era Kejayaan Sepakbola Spanyol Berakhir?

  Selasa, 28 June 2016 14:35
FOTO AFP

Berita Terkait

TIM nasional Spanyol harus menelan kekecewan usai tersingkir dari babak 16-besar Euro 2016.

Ini untuk kedua kalinya mereka gagal mempertahankan gelar. Setelah pada Piala Dunia 2014 lalu mereka gagal lolos dari fase grup.

Dengan kenyataan tersebut, muncul beberapa opini yang menyebut jika inilah akhir dari era sepak bola Spanyol. Dimana mereka begitu menguasai dunia dengan meraih tiga gelar beruntun, Euro 2008, Piala Dunia 2010, dan Euro 2012.

Akan tetapi pelatih timnas Spanyol, Vicente del Bosque tidak sepakat dengan pernyataan tersebut. Menurutnya, masa depan sepak bola Spanyol masih cerah.

"Ini adalah sebuah era yang luar biasa bagi sepak bola Spanyol," kata Del Bosque seperti dilansir Sky Sports.

"Saya pikir era sepak bola Spanyol tidak berakhir. Kami memiliki dunia sepak bola yang sangat terstruktur, ada banyak akademi yang bagus, pemain serta klub yang sangat bagus," sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Del Bosque juga mengatakan jika mereka akan mengalihkan fokus ke Kualifikasi Piala Dunia 2018. Dimana mereka akan kembali bertemu Italia.

"Kami akan kembali bertemu Italia pada Kualifikasi Piala Dunia, dan kami harus mempersiapkan diri untuk itu," tandasnya.

Spanyol harus melepas gelar juara Eropa setelah tersingkir di tangan Italia pada babak 16-besar Euro 2016.

La Furia Roja harus menerima kekalahan dari tim yang mereka kalahkan di final edisi 2012 lalu dengan skor 2-0, Senin (27/6).

Usai pertandingan, pelatih tim nasional Spanyol, Vicente del Bosque mengaku belum tahu soal masa depannya.

"Soal masa depan saya di timnas Spanyol, saya akan berbicara dengan Presiden Asosiasi," kata Del Bosque seperti dilansir Football Espana.

"Saya belum membicarakannya dengan para pemain. Saya belum memutuskan apakah akan bertahan atau tidak. Saya akan berbicara kepada Presiden Asosiasi terlebih dahulu," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, mantan pelatih Real Madrid tersebut mengatakan ini adalah waktu yang berat bagi Spanyol.

"Ini bukanlah waktu yang bagus untuk Spanyol. Kami kalah dan tersingkir, tapi Anda harus menerima kekalahan tersebut dengan kebanggan," pungkasnya.

Setelah ini, La Furia Roja akan mengalihkan fokus mereka kepada Kualifikasi Piala Dunia 2018 yang akan dimulai September mendatang. (zul/JPG)

 

Liputan Khusus: 

Berita Terkait