Enaknya Sup Hangat di Musim Hujan

Enaknya Sup Hangat di Musim Hujan

  Kamis, 10 December 2015 09:32

Salah satu makanan yang paling nikmat dan pas dihidangkan di rumah selama musim dingin adalah sup panas. Semangkuk sup panas memang menjadi makanan yang lazim diburu kala musim hujan. Oleh : Marsita Riandini

Tak hanya menghangatkan, sup yang berisi daging ayam, dan kuah kaldu juga terasa enak dan menambah kesegaran tubuh. Jenis sup sendiri beragam, Anda bisa membuat krim sup, sup sayuran, sup ayam, atau sup seafood, maupun sup sapi sebagai makanan penghangat.

Bila tak ingin repot membuatnya, Anda bisa berkunjung ke berbagai tempat kuliner yang menyajikan makanan berkuah itu. Seperti yang biasa dilakukan oleh Riana Sari (20 th). “Kalau musim hujan itu suka lapar, dan maunya makan yang hangat. Salah satunya sup. Kalau saya sih sukanya sup tulang sapi. Enak, dan gurih rasanya,” ujarnya.
Banyaknya sajian kuliner di Pontianak, tak menyulitkan dia mencari sup-sup enak kesukaannya. “Saya biasanya pas singgah ke tempat makan, kalau ada supnya, ya pesan sup. Kadang juga sih nyari yang dekat-dekat rumah. Jadi khan bisa bawa pulang juga dan menikmatinya bersama keluarga,” tambah warga Komyos Sudarso ini.
Hal yang sama juga dikatakan oleh Agus Tanti Widiastuti (25 th). Sup memang menjadi makanan kegemaran. “Saya suka menikmati sup, terutama di musim hujan kayak gini. Sup itu seger dan menghangatkan. Biasanya sih mama di rumah suka bikin sup,” ulasnya.
Beragamnya jenis sup pilihan, wanita bertubuh bongsor ini lebih suka makan sup yang terbuat dari ayam. “Sup ayam saya lebih suka. Dagingnya lebih lembut. Paling suka itu bagian leher dan ceker ayam. Tidak tahu juga kenapa ya, mungkin sensasinya beda kali ya,” jelas dia.
Masakan yang terbuat dari bahan daging sapi ini biasa dipadukan dengan sayur-sayuran sehat seperti kol, wortel, kacang buncis, tomat dan lain sebagainya ini juga digemari oleh Dian (22 th). “Kalau saya emang doyan sup. Kalau ada sup, mau musim panas, hujan, pasti saya makan. Kebetulan saya juga suka sayur-sayuran,” jelasnya.
Warga Sungai Jawi ini juga kadang menjadikan sup untuk meringankan flu atau saat badan tidak fit. “Biasanya kalau saya lagi demam, khan mengganggu selera makan, apalagi kalau lagi flu, jadi saya pasti nyari sup. Biar selera makannya ada,” pungkasnya. **