Empat Penggalang ke Jambore Internasional

Empat Penggalang ke Jambore Internasional

  Kamis, 12 November 2015 11:54
KE SINGAPURA: Empat anggota Pramuka dari SMPN 3 Ketapang akan berangkat mengikuti Jambore Internasional di Singapura, 17 – 22 November mendatang. AHMAD SOFI/PONTIANAK POST

KETAPANG – Empat pelajar dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Ketapang, mewakili Kalbar untuk mengikuti Jambore Internasional di Singapura, 17 – 22 November mendatang. Tidak hanya kali ini, SMPN 3 Ketapang juga pernah mengutus satu dari dua peserta asal Indonesia, untuk mengikuti Jambore Internasional di Australia pada 2014 lalu.Kepala SMPN 3 Ketapang, Effendi, mengatakan, keempat siswa yang akan berangkat mewakili Kalbar adalah Patria K, Rahmalia, Fahrani Anugrah P, dan Tarishah Della R. "Ini sebuah kebanggan bagi Ketapang, khususnya bagi sekolah. Karena tidak semua anak dan sekolah dipercaya untuk dijadikan perwakilan," katanya, kemarin (11/11).
Jambore Internasional di Singapura ini akan diikuti oleh beberapa negara, termasuk Indonesia. Dari Indonesia sendiri, dijelaskan dia, beberapa provinsi mengirimkan utusannya, untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. "Keempat peserta tersebut berasal dari Gugus Depan SMPN 3 Ketapang dari Kwatir Cabang Ketapang sekaligus mewakili Kalbar," jelasnya.
Effendi mengungkapkan, prestasi yang diraih di bidang Pramuka tidak hanya kali ini. Pada 2014 lalu, dia juga memastikan jika SMPN 3 Ketapang mengirimkan satu peserta ke Australia untuk mengikuti Jambore Internasional. "Dari Indonesia itu hanya ada dua peserta. Satu peserta dari Bandung, dan satu lagi dari Indonesia, dan itu dari SMPN 3 Ketapang, namanya Maya Kinasih," ungkapnya.
Lebih lanjut ia menjelaskan, kegiatan Pramuka sudah menjadi kegiatan yang harus diikuti oleh siswa kelas I dan II. Bahkan, dia menambahkan, kegiatan yang bernama kepanduan ini juga masuk dalam kurikulum. "Banyak hal yang diajarkan di dalam Pramuka. Mulai dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap memang ditekankan dalam pendidikan Pramuka," paparnya.
Diharapkan dia, keempat peserta yang mewakili Kalbar tersebut, dapat memberikan motivasi kepada peserta lainnya, sehingga meningkatkan prestasi, khususnya di Ketapang maupun di Kalbar. "Kita ucapkan terima kasih kepada keluarga karena duukungan yang sangat tinggi. Bantuan dari Kwarcab dan Gudep juga ada. Tapi memang lebih banyak dari pihak keluarga," ujar Effendi.
Direncanakan, keempat peserta tersebut akan diberangkatkan dari Ketapang pada 13 November mendatang. Kemudian, dia menambahkan, akan dilanjutkan dari Pontianak ke Batam dan Singapura. "Pelepasannya akan dilaksanakan pada 13 November dan diharapkan dilepaskan oleh Pj Bupati Ketapang, Kartius, agar menjadi motivasi dan semangat bagi keempat peserta yang berangkat," pungkasnya.

Sementara itu, salah satu peserta, Fahrani Anugrah P, mengaku senang bisa mewakili Ketapang dan Kalbar, untuk mengikuti Jambore tingkat internasional. Menurutnya, hal itu adalah sebuah prestasi yang membanggakan bagi dirinya, keluarga dan sekolah. "Untuk mewakili Kalbar, kami harus melalui seleksi terlebih dahulu. Tentu kami sangat bangga," katanya.Ia berharap bisa membanggakan keluarga, sekolah, dan daerahnya. "Kita akan berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarga, sekolah dan Ketapang," harapnya. (afi)