Empat Kabupaten

Empat Kabupaten

  Sabtu, 26 March 2016 11:13
Christiandy Sanjaya

Berita Terkait

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Barat melakukan advokasi pengembangan kota layak anak pada empat kabupaten pada tahun ini. Keempatnya yakni Mempawah, Kapuas Hulu, Landak, dan Ketapang.

“Pada tahun berikutnya diharapkan advokasi dapat difasilitas secara bertahap pada kabupaten kota lainnya,” ujar Wakil Gubernur Kalbar, Christiandy Sanjaya, kemarin.

Christiandy menjelaskan pemerintah harus menjadikan anak sebagai mitra melalui wadah Forum Anak. Upaya pemenuhan hak anak bisa diwujudkan pemerintah melalui kota layak anak. Kota tersebu merupakan istilah yang diperkenalkan pertama kali oleh Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan pada 2005.

Menurut Christiandy, pembentukan kota layak anak ini untuk membangun inisiatif pemerintahan kabupaten kota yang  mengarah pada upaya transformasi konvensi hak-hak anak.

“Mudah-mudahan semua kabupaten kota siap menjadi kota atau kabupaten layak anak,” kata Christiandy.

Ia menuturkan anak merupakan penerus bangsa. Menjadikan mereka sebagai penerus yang berkualitas dan memiliki daya saing bukan pekerjaan mudah. Apalagi saat ini banyak ancaman-ancaman terhadap mereka.

“Kekerasan terhadap anak sudah menonjol. Dari 2008 hingga 2015 saha yang ditangani P2TP2A Bunga Lita mencapai 122 kasus. Pada 2016 juga sudah ada, padahal baru sampai Maret. Ini harus menjadi perhatian semua pihak,” jelas Christiandy. (uni)

Berita Terkait