Embaloh Hilir akan Terbuka

Embaloh Hilir akan Terbuka

  Senin, 20 June 2016 09:31
SUNGAI MANDAI: Sungai Mandai yang selama ini belum terbangun jembatan di atasnya, dalam waktu dekat akan dilintasi jembatan. Pembangunan jembatan tersebut langsung membuka akses dua kecamatan. ISTIMEWA

Berita Terkait

PUTUSSIBAU – Kecamatan Embaloh Hilir dan Bunut Hilir merupakan dua dari 23 kecamatan di Kapuas Hulu, yang belum bisa diakses melalui jalan darat. Namun diperkirakan pada 2017 mendatang, kedua kecamatan ini sudah bisa diakses langsung melalui jalan darat. Terlebih dengan dibangunnya Jembatan Nanga Mandai dan berlanjutnya proyek pengerjaan pada ruas jalan Nanga Danau – Nanga Bunut di tahun ini.

Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Kapuas Hulu Ana Mariana, menjelaskan, untuk pembangunan Jembatan Nanga Mandai yang menghubungkan Kecamatan Embaloh Hilir dengan Kecamatan Bika dan Kecamatan Putussibau Selatan, pembangunannya akan dikerjakan dalam dua tahun anggaran. Yakni, disebutkan dia, pada tahun 2016 dan tahun 2017. “Itu bukan kontrak tahun jamak/kontrak multiyears, tapi tahun tunggal,” paparnya.

Lebih lanjut Ana mengatakan, jika pekerjaan tahun jamak, harus ada perda atau persetujuan dari DPRD. Namun dia yakin pekerjaan di tahun 2016 ini baru sebatas pembuatan abutment jembatan. Karena anggaran terbatas, maka, diakui dia, dibangun secara bertahap, tapi bukan multiyears. “Mudah-mudahan tidak ada kendala dalam pengerjaan, sehingga tidak putus kontrak pada pekerjaan pertama ini,” terang dia.

Pada 2017, jika anggaran tersedia, dia memastikan akan dilanjutkan dengan pemasangan rangka, sehingga jembatan bisa dilewati. Dengan demikian, harapan dia, akses menuju Kecamatan Embaloh Hilir bisa langsung ke ibukota kabupaten. Karena selama ini, diakui dia, kendala jalan darat dari Embaloh Hilir ke ibukota kabupaten belum tersedia jembatan di Nanga Mandai. “Untuk jalan menuju Nanga Bunut pekerjaannya juga dilanjutkan tahun ini,” jelasnya.

Di tempat terpisah, Rusli, warga Embaloh Hilir, mengaku senang dengan dibangunya Jembatan Nanga Mandai yang selama ini jadi penghalang akses dari Embaloh Hilir ke Putussibau. Menurutnya, dengan dibangunnya jembatan tersebut, akses jalan darat bisa langsung ke Embaloh Hilir, walaupun jalan yang dilintasi belum bagus. Dengan dibangunnya jembatan di Mandai, diharapkan dia agar akses masyarakat ke daerah Embaloh Hilir terbuka.

Dia berharap, pembangunan Jembatan Mandai, disertai dengan peningkatan dan lanjutan pengerjaan ruas jalan Mandai Embaloh Hilir. Dia yakin, dengan lancarnya akses transportasi darat dari Embaloh Hilir ke Putussibau, maka daerah Embaloh Hilir tidak terisolasi lagi. Karenanya ia berharap perekonomian masyarakat yang selama ini masih mengandalkan angkutan sungai bisa lebih baik.(aan)

Berita Terkait