Eksekutif Usulkan Raperda Kabupaten Layak Anak

Eksekutif Usulkan Raperda Kabupaten Layak Anak

  Jumat, 16 March 2018 11:00
RAPERDA: Wakil Bupati Kubu Raya menyerahkan Raperda Inisiatif Usulan Eksekutif ke Wakil DPRD Kubu Raya, Usman. Ashri isnaini/pontianak post

Berita Terkait

SUNGAI RAYA–Pihak eksekutif Kubu Raya saat ini tengah mendorong adanya Raperda mengenai kabupaten layak anak di Kubu Raya. Tujuannya untuk melindungi anak dari berbagai tindak kekerasan sekaligus meningkatkan kesejahteraan anak. 

“Bagi saya, upaya untuk mewujudkan kabupaten layak anak itu penting. Karena dengan meningkatnya rasa aman dan kesejahteraan pada anak, akan memberikan dampak pada peningkatan kualitas sumber daya manusia bagi generasi muda di Kubu Raya ke depan,” kata Bupati Kubu Raya, Rusman Ali usai menghadiri Rapat Raperda Inisiatif Eksekutif Kubu Raya tentang kabupaten layak anak dan RPJMD Kubu Raya, Kamis (15/3) di Kantor DPRD Kubu Raya. 

Untuk menjadi kabupaten layak anak, kata Rusman Ali harus mendapatkan dukungan dan kerjasama penuh dari semua pi hak terkait. Karena menurutnya kabupaten layak anak harus menerapkan sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat termasuk dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak. 

Orang nomor satu di Pemerintahan Kubu Raya ini pun menegaskan akan mengoptimalkan hak anak dalam penerapan kebijakan, program dan kegiatan pembangunan. Dimulai dari tahap perencanaa, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dengan mengacu pada prinsip-prnsip hak anak.

Kendati tidak menyebutkan jumlah secara rinci, namun kata Rusman Ali tidak bisa dipungkiri hingga saat ini, masih sebagian anak-anak di Kubu  Raya yang kurang beruntung lantaran hidup dalam kondisi serba kekurangan. Bahkan lanjutnya bagi anak yang tidak memiliki orang tua harus bekerja agar bisa bertahan hidup. 

“Saya berharap dengan adanya upaya mewujukan Kubu Raya menjadi kabupaten layak ini, secara tak langsung bisa memberikan konstribusi untuk memberikan rasa aman bagi anak-anak agar bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik dan terhindar dari berbagai tindak kejahatan dan kekerasan,” paparnya. 

Hal senada juga dikatakan Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus yang berharap Kubu Raya ke depan bisa lebih eksis dalam memberikan rasa aman dan meningkatkan kesejahteraan terhadap anak. “Saya meyakini, dengan hadirnya usulan Raperda Kabupaten Layak Anak ini ke depan akan memberikan porsi yang lebih besar bagi pemerintah daerah dan sejumlah pihak terkait lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan terhadap anak di Kubu Raya. Dan saya yakin jika kebijakan ini optimal diimplementasikan ke depan akan mencetak generasi penerus yang memiliki prestasi dan sumber daya manusia yang lebih berkualitas di Kubu Raya,” paparnya. (ash) 

Berita Terkait