Ekosistem Startup Pontianak Mulai Tumbuh

Ekosistem Startup Pontianak Mulai Tumbuh

  Kamis, 4 Agustus 2016 09:36
Ilustrasi

Berita Terkait

Menjamurnya startup di Indonesia menjadi keuntungan tersendiri besar bagi masyarakat. Para anak muda di Pontianak tak mau ketinggalan. Kini berbagai layanan berbasis aplikasi mobile dan website berdiri, menjadi penyokong ekonomi kreatif.

Aristono, Pontianak

Terdapat ratusan ribu startup dengan berbgai jenis dan fungsi beredar di Google Play Store, Apple App Store dan platfor-platform smartphone lainnya. Di Pontianak sendiri, pengembang (developer) aplikasi smartphone cukup banyak. Ada yang bergerak pada jasa travel dan transportasi seperti Travella, Ponjek, Imelta dan lainnya. Sementara aplikasi Tripy lebih memilih untuk penyewaan mobil dan sepeda motor saja. Mengambil konsep Go-Jek dan Grab yang sudah lebih dulu sukses di kota besar aplikasi-aplikasi tersebut menjadi pilihan masyarakat, disamping transportasi konvensional.

Selain jasa travel dan transportasi, startup yang cukup banyak adalah jasa kurir atau logistik dalam kota. Pada segmen ini ada nama yang cukup familiar, yaitu Bujang Kurir. Namun beberapa nama baru seperti Delifairy, Dpenyetz, Dikirim dan lainnya lebih memfokuskan diri untuk jasa kurir produk kuliner.

Adapula startup yang non-profit seperti Doka Loka (dokaloka.id). Aplikasi yang mempermudah orang mengetahui alamat dan kehadiran dokter ini dikembangkan oleh Muhammad Reza dan Jeje Akbar. Reza sendiri adalah dokter gigi yang praktik di beberapa rumah sakit di Pontianak.

“Selama ini banyak teman saya yang sering nanya dokter-dokter sepesialis dan alamatnya. Biasanya saja bisa jawab, tetapi sering juga saya tidak kenal dengan dokter itu. Berawal dari itu, saya kemudian punya ide membuat aplikasi untuk memudahkan pencarian lokasi dokter,” ujarnya kepada Pontianak Post.

Layanan nonkomersial lainnya adalah Enggang Kalbar. Layanan milik Tim Pengendali Inflasi Daerah Kalbar ini memberikan informasi harga barang-barang kebutuhan pokok di berbagai pasar tradisional. Bekerjasama dengan dinas perdagangan kabupaten/kota di Kalbar, informasi harga ini diupdate setiap hari dengan akurat. Namun sementara, layanan ini baru sebatas website (tpidkalbar.org) dan SMS.

Cukup menarik perhatian adalah Angkuts. Dengan ide baru, aplikasi berbasis Android ini memfokuskan diri pada jasa penangkutan dan pengelolaan sampah nonorganik.  Banyak keuntungan bisa didapat, pertama para pengguna jasa angkutan sampah ini justru tidak perlu membayar. Sebaliknya malah mendapat bayaran sesuai dengan jumlah sampah yang diserahkan kepada driver Angkuts atau yang  disebut Pengangkuts.

Direktur PT Angkuts Kreatif Indonesia, Muhammad Hafiz Waliyudin mengatakan, latar belakang menggagas aplikasi ini adalah berkaca dari kesuksesan layanan ojek berbasis aplikasi android atau online.

Dia menjelaskan, pola kerja Angkuts hampir sama dengan pemulung sampah namun Angkuts lebih terorganisir serta memanfaatkan teknologi informasi. “Lebih pada keinginan mengorganisir para pemulung. Jika di Jakarta misalnya, tukang ojek bisa meningkatkan taraf hidup melalui ojek online, pemulung juga memiliki peluang sama,” katanya.

Meskipun belum semapan negara maju dan kota-kota besar di Jawa, ekosistem startup di Pontianak perlahan mulai berkembang. Masyarakat mulai banyak menggunakan layanan pada smarphonenya. Sementara para investor dan developer aplikasi makin banyak bermunculan. (**)

Berikut Adalah Sebagian Startup yang Eksis di Pontianak

ANGKUTS

Merupakan jasa layanan kurir khusus angkut sampah yang berbasis mobile. Konsepnya mirip Go-Jek yang memanfaatkan mitra sebagai pengangkut sampah. Konsumen dan mitra mendapat bayaran dari sampah yang diangkut.

BUJANG KURIR

Sesuai namanya, Bujang Kurir adalah jasa kurir dan logistik. Cukup familiar, jasa ini fokus dalam pengantaran pesanan dalam kota. Awalnya Bujang Kurir menggunakan SMS, telepon, aplikasi chat BBM dan Whatsapp untuk pemesanannya. Namun belakangan Bujang Kurir mengembangkan diri lebih jauh dengan membangun aplikasi Android.

DELIFAIRY

Jasa kurir sepertinya menjadi salah satu konsep paling banyak ditemui dalam bisnis startup. Di Pontianak ada aplikasi mobile Delifairy yang menawarkan diri untuk membantu warga dalam pesan-antar dan jemput makanan dalam kota. Delifairy bermitra dengan sejumlah rumah makan, restoran dan UMKM.

DPENYETZ PONTIANAK

Sama seperti Delifairy , Dpenyetz Pontianak adalah layanan berbasis aplikasi smartphone yang menghususkan diri dalam jasa antar dan jemput makanan. Layanan ini hanya digunakan untuk warga Pontianak dan sekitarnya saja.

DIKIRIM

Mirip Delifairy, Dikirim adalah layanan kurir khusus kuliner di Kota Pontianak dan sekitarnya. Kendati belum populer, aplikasi ini sudah ada di Google Play Store.

DOKA LOKA

Susah mencari dokter, kini smartphone Anda bisa memberi solusi. Seorang dokter gigi di Pontianak membangun aplikasi smartphone yang menyediakan informasi nama dan alamat fasilitas kesehatan dan tempat praktik dokter di Pontianak, lengkap dengan petanya. Layanan yang masih dalam versi beta ini tersedia untuk smartphone Android dan IOS.

ENGGANG KALBAR (TPID KALBAR)

Merupakan layanan berbasis website (tpid-kalbar.org) dan SMS dalam memberikan informasi harian perihal harga bahan kebutuhan pokok masyarakat. Enggang yang merupakan layanan non-profit milik Tim Pengendali Inflasi Daerah Kalbar ini bekerjasama dengan Dinas Perdagangan kabupaten/kota. Setiap hari akan dilakukan survei ke berbagai pasar tradisional di provinsi ini, sehingga informasinya akurat. Ke depan layanan ini akan menggunakan aplikasi mobile juga.

GURUKITE

Layanan berplatform digital ini membantu masyarakat dalam mencari jasa guru-guru privat untuk anak-anak mereka. Tentunya guru-guru yang menjadi mitra sudah lulus standar dan verifikasi.

IMELTA

Merupakan aplikasi berbasis Android untuk jasa ojek online di Pontianak. Jasa mirip Go-Jek ini sudah bisa diunduh di Google Play Store, kendati baru 100-an kali diunduh. Tidak hanya ojek sepeda motor saja, adapula pilihan taksi.

PONJEK PONTIANAK

Merupakan aplikasi berbasis Android untuk jasa ojek online di Pontianak. Jasa mirip Go-Jek ini sudah bisa diunduh di Google Play Store, kendati baru 100-an kali diunduh. Tidak hanya ojek sepeda motor saja, adapula pilihan ojek mobil.

PONTIANAK MAP

Merupakan aplikasi peta offline yang memberikan informasi tempat-tempat strategis bagi para traveler di Pontianak, seperti hotel, rumah makan, pertokoan dan lainnya.

TRAVELLA

Adalah layanan travel online yang berbasis aplikasi smartphone dan website. Menyediakan jasa perjalanan ke berbagai daerah di Kalbar, Travella bekerjasama dengan banyak mitra travelnya. Website Travella juga memberikan informasi seputat dunia wisata.

TRIPY

Bila Travella menjual jasa transportasi ravel, Tripy yang berbasis aplikasi mobile berplatform Android dan IOS memilih jasa penyewaan mobil dan sepeda motor di Pontianak. Layaknya aplikasi jasa lainnya, masyarakat cukup mendfatar di aplikasi untuk memanfaatkan jasa ini.

Berita Terkait