Edukasi Masyarakat, Kenalkan Alutsista

Edukasi Masyarakat, Kenalkan Alutsista

  Senin, 14 December 2015 10:16
PAMERAN: Sejumlah pelajar melihat secara langsung pameran Alutsista yang dipamerkan di halaman Makodam XII Tanjungupura

Berita Terkait

KUBU RAYA— Adanya pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) yang dipusatkan di Halaman Makodam XII Tanjungpura, mendapat antusias masyarakat. Sejak dibukanya pameran pada Minggu pagi sekitar pukul 07.00 cukup banyak warga sekitar termasuk kalangan pelajar dan mahasiswa mendatangi arena pameran untuk melihat secara langsung koleksi Alutsista yang dipamerkan.

Ririn, salah satu pelajar SMP Negeri 3 Sungai Raya mengaku sengaja menyempatkan diri mengunjungi pameran yang dipusatkan di halaman Makodam XII Tanjungpura itu. “Kebetulan juga hari libur, jadi sengaja datang dengan teman-teman untuk melihat pameran di sini. Hitung-hitung menambah wawasan dan pengatehuan saya tentang berbagai alat utama sistem persenjataan yang dimiliki TNI AD,” katanya.

Sementara itu, pelajar lainnya, Juliansyah mengaku sangat bersyukur karena bisa melihat langsung berbagai alat utama sistem persenjataan tersebut. “Dengan datang ke sini saya bisa melihat lebih dekat sejumlah persenjataan dan bisa bertanya langsung secara detail tentang kegunaannya,”ungkapnya.
Secara terpisah Pangdam XII Tanjungpura, Mayjen TNI Toto R. Soedjiman mengatakan,  pameran Alutsista Kodam XII Tanjungpura yang digelar mulai 13 hingga 16 Desember itu terbuka bagi seluruh masyarakat. Pameran itu merupakan salah satu even dari beberapa kegiatan yang diselenggarakan Kodam XII Tanjungpura dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika ke 70 tahun 2015.
“Dalam pameran Alutsista ini merupakan kesempatan prajurit Kodam XII Tanjungpura  untuk mengenalkan Alutsista yang kita miliki,  juga memberikan wawasan dan pengetahuan bagi masyarakat tentang peralatan tempur yang dimiliki Kodam XII Tanjungpura, guna dalam kesiapan untuk mempertahankan kedaulatan negara,” paparnya, Minggu (13/12).
Alutsista yang dipamerkan yaitu berbagai jenis senjata, kendaraan, perlengkapan yang dimiliki oleh satuan jajaran Kodam XII Tanjungpura sesuai tugas dan fungsinya, seperti  meriam 155 mm Howitzer, dan 105 mm Tarik. “Kami  tampilkan juga kendaraan tempur lapis baja berbagai jenis yang kita miliki,” jelasnya.
Selain kendaraan khusus Jihandak dan Bomb Trailer, dipamerkan juga Sea Rider sebagai alat perlengkapan penanggulangan teror juga senjata berikut amunisi dengan berbagai kaliber serta  perlengkapan militer sebagai penunjang tugas baik Satbanpur maupun Satbanmin jajaran Kodam XII Tanjungpura. “Dari sekian banyak alutsista  yang dipamerkan juga ada beberapa hasil karya cipta putra-putri terbaik bangsa Indonesia yang telah berprestasi memproduksi Alutsista militer sendiri,” kata Pangdam XII Tanjungpura, Mayjen TNI Toto Rinanto Soedjiman. (ash)

 

Berita Terkait