Edi Kamtono Ajak Hijaukan Pontianak

Edi Kamtono Ajak Hijaukan Pontianak

  Rabu, 17 Agustus 2016 10:51
AKTIVITAS: Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono saat mengikuti beberapa kegiatan penanaman pohon. Ia mengajak multipihak merayakan kemerdekaan dengan menghijaukan Pontianak. ISTIMEWA

Berita Terkait

Memaknai Hari Kemerdekaan 

SELAIN konsen dengan pembangunan dan infrastruktur Kota Pontianak, Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono juga konsen terhadap persoalan lingkungan di Pontianak. Di hari kemerdekaan ini, ia mengajak masyarakat untuk memaknai kemerdekaan dengan menjadikan Pontianak hijau dan bersih. 

Edi begitu perhatian dengan masalah lingkungan. Ingin menjadikan Pontianak hijau merupakan salah satu cita-citanya. Menurutnya, kemajuan kota juga harus menyeimbangkan dengan lingkungan sekitar. Dengan begitu ia merasa teknologi dan lingkungan dapat berjalan seiring.

Seriusnya niat Edi menghijaukan kota rupanya senada dengan Pemerintah Kota Pontianak. Pembangunan dan rehab taman-taman kota jadi buktinya. Selain taman yang kini bisa dinikmati masyarakat, seperti Taman Alun Kapuas, Taman Akcaya dan Taman sekitaran Universitas Tanjungpura, Pemerintah Kota Pontianak rencananya akan bangun taman depan kantor Wali Kota Pontianak. Nanti taman tersebut juga diperuntukkan untuk umum.

Dari kampanye cinta lingkungan di enam Kecamatan, lanjutnya, secara sendiri telah menimbulkan kecintaan masyarakat pada lingkungan sekitar. Dia mencontohkan, saat kegiatan gotong royong di lingkungan RT, calon kuat Wali Kota Pontianak itu kerap lakukan penanaman pohon di lahan yang dapat ditanami. 

Menurutnya, dengan penanaman pohon di area kosong, dalam waktu dua tiga tahun ke depan area yang ditanami pohon jadi rindang dan sejuk. Dengan begitu kualitas udara semakin baik. Adanya komunitas lingkungan, menurut Edi, telah banyak bantu pemerintah dalam mengkampanyekan lingkungan ini.  

Disadari Edi, untuk meningkatkan kualitas lingkungan yang baik bukan pekerjaan mudah dan instan. Niat dalam diri untuk mengajak masyarakat bersama jaga lingkungan merupakan modal utama menyebar virus lingkungan. Dengan tindakan nyata, secara perlahan tapi pasti, kini Pontianak semakin hijau.

Lingkungan bersih dan hijau, tambah Edi, merupakan aspek penting dalam pengelolaan suatu kota. Apabila kota rapi, bersih, dan lingkungannya sehat dapat menjadi cermin masyarakat Pontianak. 

“Secara keseluruhan, saya lihat lingkungan Pontianak semakin baik. Masyarakat Pontianak semakin peduli dengan lingkungan sekitar,” ucapnya.(iza) 
 

 

Berita Terkait