Durian Terhadap Kehamilan

Durian Terhadap Kehamilan

  Senin, 26 September 2016 09:30   536

Oleh: dr Danny Aguswahyudi 

DURIAN adalah buah tropis yang menyengat dan beraroma kuat. Durian memang buah yang enak, tekstur dagingnya yang lembut serta aromanya yang khas membuat pecinta durian banyak di antara masyarakat. Tidak jarang banyak wanita juga menyukai memakan durian, mereka tidak takut jika mulutnya bau dengan durian. Lalu bagaimana dengan wanita hamil? bolehkah mereka memakan durian saat sedang hamil? Durian bagi wanita hamil memang buah yang menjadi pro dan kontra, ada yang menganggap memakan durian boleh-boleh saja saat hamil asalkan dalam porsi yang wajar, ada pula yang menganggap memakan durian benar-benar tidak boleh saat hamil sebab membahayakan. Aman dan tidaknya durian dimakan saat hamil akan dibahas dalam artikel berikut ini.

Durian merupakan pantangan makanan ibu hamil dikarenakan kandungan yang ada di dalam buah durian itu sendiri. Durian tinggi glukosa, kalori, senyawa asam arachidonat, tinggi akan alkohol dan tinggi kolesterol. Segala sesuatu tidak akan dilarang jika tidak ada penyebabnya, alasan durian dilarang dikarenakan ada kandungan di dalam buah durian tersebut yang dilarang masuk ke dalam tubuh ibu hamil. Kandungan bahaya alkohol yang ada di dalam buah durian tersebutlah yang tidak boleh masuk ke dalam  tubuh ibu hamil, senyawa arachodonat juga berbahaya bagi ibu hamil. Efek kandungan alkohol dalam buah durian sama membahayakannya dengan  minuman alkohol.

Berikut ini bahaya durian bagi ibu hamil yang harus diketahui :

1. Bayi Lahir Secara Prematur                                                  

Ibu tentu saja tidak ingin melahirkan bayi prematur. Oleh sebab itu, ada baiknya ibu membatasi konsumsi durian. Durian yang dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan bayi lahir secara prematur. Bayi prematur tentu saja tidak boleh disepelekan, selain peluang hidupnya sedikit, bayi prematur akan terkena komplikasi misalnya saja adalah komplikasi paru-paru, jantung dan masih banyak lagi lainnya.

2. Keguguran

Ibu yang sedang hamil muda dilarang keras untuk mengkonsumsi durian. Hal itu dikarenakan kandungan alkohol di dalam durian tersebut bisa mengakibatkan rasa panas di dalam perut atau rahim. Sudah dijelaskan sebelumnya jika janin yang ada di dalam kandungan tidak bisa bertahan dengan suhu tubuh yang panas. Suhu tubuh di dalam rahim yang panas akibat memakan durian tidak bisa diterima oleh janin yang ada di dalam kandungan, akibatnya adalah janin tersebut akan menggugurkan diri. Ibu pun akan mengalami keguguran.

3. Kontraksi

Efek habis memakan durian bisa memicu ibu mengalami kontraksi pada perutnya. Penyebabnya adalah senyawa bernama asam arachidonatlah yang merangsang pembentukan prostaglandin. Dimana senyawa itu mampu memicu kontraksi pada ibu yang sedang hamil. Kontraksi tersebut merupakan salah satu tanda akan melahirkan, jika ibu hamil belum saatnya melahirkan ada baiknya ibu segera memeriksakan diri ke bidan atau dokter.

4. Cacat Janin

Alkohol dalam durian jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menjadi penyebab janin cacat dalam kandungan. Kandungan alkohol yang tinggi pada durian secara perlahan tapi pasti akan merusak organ-organ penting janin, alkohol juga akan menghambat pertumbuhan organ janin. Jika organ vital janin terhambat pertumbuhan dan perkembangannya, janin akan memiliki organ yang tidak berfunsgi dengan maksimal. Organ yang tidak maksimal tersebut menyebabkan janin menjadi cacat.

5. Mengalami Diabetes

Ibu yang mengkonsumsi terlalu banyak durian bisa terkena diabetes. Alasannya sangat simpel sekali, hal itu dikarenakan kandungan glukosa yang tinggi di dalam durian tersebut, bisa menyebabkan ibu diabetes. Diabetes adalah penyakit yang tidak boleh disepelekan sebab diabetes bisa memicu komplikasi kehamilan dan komplikasi saat proses persalinan. Jika sudah terkena diabetes, ibu yang akan kontrol kehamilan disuruh untuk selalu mengecek kadar gula darah di dalam tubuhnya.

6. Mengalami Hipertensi

Durian bisa menyebabkan hipertensi dalam kehamilan. Hal itu dikarenakan di dalam durian mengandung kolesterol tinggi. Kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh ibu hamil bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Pembuluh darah yang menyempit bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

7. Mengalami Kolesterol

Ibu yang sedang hamil tidak boleh menyepelekan penyakit kolesterol sebab, penyakit kolesterol bisa diturunkan ke janinnya. Orang yang terkena kolesterol bisa mengakibatkan nyeri badan sehingga tubuh ibu hamil akan terasa tidak nyaman. Kolesterol sendiri bisa memicu penyakit komplikasi lainnya misalnya saja jantung bahkan stroke. Kolesterol bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga aliran darah menuju jantung tidak lancar, tidak hanya itu saja kolesterol bisa menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras karena penyempitan pembuluh darah.

8. Mengalami Preeklamsia

Ibu hamil yang selalu mengalami hipertensi akibat makan durian bisa membuat ibu hamil terkena preeklamsia. Preeklamsia itu bisa ditandai dengan pembengkakan muka dan tangan ibu. Preeklamsia yang sudah parah bisa membuat seluruh tubuh ibu hamil mengalami penbengkakan. Pre eklamsia yang tidak segera diatasi bisa menyebabkan janin yang meninggal dalam kandungan dan kematian ibu.

9. Bayi dengan Berat Badan Besar

Kandungan kalori yang tinggi pada buah durian memungkinkan bayi akan mengalami berat badan yang besar. Kandungan glukosa yang tinggi pada durian juga bisa menyebabkan bayi di dalam kandungan memiliki berat badan besar. Jika sampai itu terjadi, kemungkinan untuk melahirkan normal sedikit sekali. Berat badan bayi yang besar memungkinkan ibu yang sedang hamil untuk melahirkan secara operasi caesar.