Dunlop Bidik Segmen Motocross dan Offroad

Dunlop Bidik Segmen Motocross dan Offroad

  Senin, 28 March 2016 09:08
PELUNCURAN: Petinggi perusahaan produsen ban Dunlop dan pebalap motocross saat peluncuran tiga ban Dunlop di Jakarta, Sabtu (26/3). KUSDHARMADI/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

JAKARTA -- PT Sumi Rubber Indonesia,  produsen ban Dunlop merambah pasar motocross dan offroad tanah air. Tiga produk diluncurkan sekaligus di Jakarta pada 26-27 Maret 2016. 

Dua ban andalan untuk segmen motocross dinamakan Geomax MX52 dan Geomax MX3S. Sedangkan ban offroad untuk "adventure" dinamakan D952. Geomax MX52 dan MX3S tersedia dalam 10 ukuran. Sedangkan D952 tersedia di dalam sembilan ukuran. Ban-ban Dunlop itu kini sudah bisa didapatkan di distributor dan toko khusus di seluruh Indonesia. 

"Geomax MX52 dan MX3S merupakan ban premium yang khusus diciptakan untuk motocross. Ban ini telah digunakan pada kejuaraan kelas dunia," kata Managing Director PT Sumi Rubber Indonesia Shinji Suzuki.  

Dia menjelaskan, Geomax MX52 dan MX3S, adalah ban dengan traksi yang sempurna sehingga membuat performa optimal di segala medan. "Baik di permukaan jalan yang keras, medium maupun berlumpur," ujar Suzuki. 

Asisten Manager Technical Service Sumimoto Rubber Industry Japan, T Kumamoto mengatakan, Geomax MX52 diciptakan untuk melibas permukaan jalan medium dan keras. "Juga untuk cakupan permukaan jalan yang lebih luas," katanya. Sedangkan Geomax MX3S untuk jalan yang soft dan medium. “"Anti block detection" memudahkan pelepasan gumpalan tanah yang lengket pada ban profil lebar, agar dapat lebih beradaptasi dengan permukaan jalan," tambahnya. 
Kemudian, D952, lanjut Kumamoto, memiliki berbagai keunggulan. Antara lain, compund terbaru untuk daya tahan dan cengkeraman yang luar biasa. Dirancang untuk dipakai di permukaan jalan yang lebih bervariasi. Konstruksi berdaya tahan tinggi untuk umur pakai yang panjang dan traksi yang prima. 

General Manajer Sales Planning PT Sumi Rubber Indonesia Hendra Himawan mengatakan, meningkatnya animo masyarakat terhadap olahraga motocross dan adventure dalam beberapa tahun terakhir, menjadi pasar potensial bagi Dunlop. 

Dia menambahkan, di dunia ban ini dipakai oleh para juara. Pada 2016 ini, Dunlop pertama kali masuk ke segmen motocross Indonesia. Bahkan, Dunlop langsung mengikat kerjasama dengan tiga tim motocross yang berisikan pebalap-pebalap handal senior maupun junior di tanah air. Yakni team KTM MX, Kawasaki AHRS dan Husqvarna. 

Lebih lanjut Hendra mengatakan, pihaknya menargetkan dalam dua tahun ke depan bisa menguasai 50 persen pangsa pasar ban di segmen motocross dan offroad di Indonesia. Apalagi, perkembangan motocross dan offroad di Indonesia semakin mengalami peningkatan. Baik itu penjualan sepeda motor maupun event balapan. "Ini merupakan potensi dan kesempatan bagi Dunlop yang sudah punya nama besar di dunia," ujar Hendra. 

Pembalap AHRS, Farhan Hendro, yang dihadirkan dalam kesempatan itu mengatakan kualias ban Dunlop sangat luar biasa dan bagus sekali. "Saya sangat bangga bergabung di tim dan didukung Dunlop," kata Farhan. "Mudah-mudahan kami dan tim yang di-support Dunlop bisa sukses di Indonesia atau kancah balapan internasional," timpal Farhan. (Ody)

Berita Terkait