Dulu Datang untuk Berobat, Kini Jadi Surga Belanja

Dulu Datang untuk Berobat, Kini Jadi Surga Belanja

  Senin, 28 March 2016 10:33
JADI SURGA BELANJA: Kota Kuching dengan area waterfrontnya menjadi salah satu tujuan wisata, termasuk wisatawan Pontianak. SHANDO SAFELA/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Lima tahun terakhir, kucing layak mendapat acungan jempol. Kota yang dulu dipandang sebelah mata oleh kota besar lain, kini menjadi salah satu kota paling modern di Malaysia. Kuching membenahi infrastrukturnya di segala bidang. Bisnis disemua sektor mulai menggeliat di kawasan timur Malaysia ini.

Saya sendiri sudah tak terhitung berkunjung ke Kuching. Setiap mengunjungi Kuching beberapa bulan sekali, selalu saja ada perubahan drastis. Mulai dari infrastruktur untuk warganya sendiri, sampai tujuan wisata baru bagi turis yang datang.

Yang paling mencolok dari pembangunan itu adalah pusat perbelanjaan dan hotel berbintangnya. Hampir setiap tahun, selalu saja ada mall baru. Bukan mall berukuran kecil, namun sangat besar. Beberapa mall bahkan terhubung dengan hotel berbintang.

Setiap pergi, saya selalu bertemu dengan beberapa orang dari Pontianak. Lima tahun terakhir, berobat tak lagi menjadi tujuan utama untuk pergi ke Kuching. Namun Kuching masih menjadi tujuan untuk berobat karena fasilitas dibidang kesehatannya lebih lengkap dari yang ada di Pontianak. Warga Pontianak masih memilih untuk pergi ke Kuching daripada ke Jakarta karena jaraknya lebih dekat.

Bagi yang berkantong tebal, mereka akan datang hanya untuk berbelanja. Beberapa merek fashion terkenal dunia, telah membuka gerainya di Kuching. Sebut saja Victoria Secret, merek ini resmi membuka gerainya di Spring, pusat perbelanjaan terkenal di Kuching.

Gerai terkenal lainnya yang paling diburu diantaranya Uniqlo, H&M, Cotton On hingga produk kosmetik Sephora.

Disisi lain, Kuching juga membangun infrastruktur wisatanya. Kawasan waterfront yang menjadi salah tujuan utama, kini tengah berbenah total. Walking track untuk pejalan kaki, kini tengah dipercantik. Bahkan, tengah dibuat jembatan khusus pejalan kaki untuk menyebrangi Sungai Sarawak.

Jarak menuju Kuching dari Pontianak kini semakin mudah. Akses jalan menuju Tayan sudah layak dilewati untuk mobil jenis city car sekalipun. Hanya dibagian jalan dari Tayan menuju Sosok, kondisi jalan belum sepenuhnya diperbaiki. Berdebu saat kering dan becek saat hujan. Akses di perbatasan pun kini semakin mudah jika membawa kendaraan sendiri. Para petugas perbatasan mulai meningkatkan pelayanannya demi keamanan dan kenyamanan warga yang melintas ke kedua negara.

Gustino Basuan, manajer pemasaran Sarawak Tourism Board wilayah Asean mengatakan, lima tahun terakhir Kuching mengalami kemajuan pesat. "Meski eco-tourism menjadi tujuan utama orang Eropa untuk datang ke Kuching, dengan dibangunnya banyak hotel dan mall baru, sedikit banyak mengubah pola aktifitas turis yang datang," jelas Gustino.

"Sarawak Torism Board terus menggalakkan pengembangan pariwisatanya dari sektor lain. Salah satunya dari perobatan dan perbelanjaan," tutupnya. (**)

 

Berita Terkait