Dukung Petinju, Gugah Pemerintah Pusat

Dukung Petinju, Gugah Pemerintah Pusat

  Senin, 9 May 2016 10:33
GIAT BERLATIH: Tampak para petinju muda asal Kayong Utara ketika melakukan pemanasan dengan lari terlebih dahulu sebelum berlatih di sasana tinju. DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SUKADANA – Kepala Dinas Kebudayaan, Parawisata, Pemuda, dan Olaharaga (Disbudparpora) Kabupaten Kayong Utara, Mas Yuliandi, menyambut baik dan bersyukur atas kemenagan yang diraih Suradi Gamboa, saat bertanding di Jakarta, di kelas 53,5 kilogram debut tinju pro, akhir April lali. Kemenangan tersebut diraih salah satu petinju masa depan Kayong Utara tersebut, ketika mampu merobohkan lawannya pada ronde kedua.

“Ini merupakan luar biasa. Kayong Utara kembali memenangkan tinju di tingkat profesional di Jakarta saat itu. Hal ini merupakan lagkah yang baik dan sangat perlu untuk dikembangkan terus sebagai genarasi muda di bidang olahraga tinju di Kayong Utara,” kata Yuliandi, Kamis (5/5) kemarin di Sukadana.

Ia menambahkan, untuk Sunardi sendiri saat ini merupakan salah satu petinju yang tergabung dalam Daud Boxing Club. Kepada petinju tersebut, diharapkan dapat terus dilakukan pembinaan yang lebih intensif lagi. Karena yang bersangkutan, menurut dia, merupakan atlet peralihan dari amatir ke tingkat profesional.

“Kalau untuk pembinaan akan kita serahkan kepada sasana tinju itu sendiri yang akan melakukan pembinaannya. Namun dari Dinas (Disbudparpora, Red), tetap akan ada bantuan, baik berupa sarana dan prasana. Sedangkan untuk KONI Kayong Utara juga harus dapat lebih memperhatikan cabang olahraga untuk dapat meningkatkan prestasinya, salah satunya seperti tinju,” gugah Yuliandi.

Sementara itu, untuk saat ini pihaknya, diungkapkan Yuliandi bahwa mereka sudah berkomunikasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga, yang akan memberikan bonus kepada petinju-petinju yang selama ini telah berprestasi. Karena, sambung dia, seperti di Kayong Utara ini, memiliki petinju-petinju yang telah berprestasi di tingkat nasional hingga dunia, seperti Iwan Zoda dan Daud Cino Yordan.

“Selama ini belum ada perhatian dari Pemerintah Pusat, Pak Menteri (Pemuda dan Olahraga) mengatakan akan memberikan bantuan kepada para atlet-atlet yang berprestasi, termasuk atlet tinju yang ada di Kayong Utara ini,” tutupnya. (dan)

Berita Terkait