Dukung Gerakan PHBS serta KIA

Dukung Gerakan PHBS serta KIA

  Kamis, 20 Oktober 2016 09:30

Berita Terkait

PT KAL Siapkan Sarana Air Bersih

KUALA TOLAK – Salah satu faktor penting dalam pengembangan masyarakat daerah adalah kesehatan. Jika masyarakat di suatu daerah sehat, maka mereka sudah memiliki modal yang baik menuju masyarakat yang sejahtera.

Hal ini disadari oleh PT Kayung Agro Lestari (KAL). Melalui program CSR-nya, perusahaan tersebut mulai gencar mengimplementasikan inisiatif water access sanitation and hygiene (WASH) melalui kampanye perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan penyediaan akses air bersih dan sanitasi, serta kesehatan ibu dan anak (KIA) melalui kegiatan posyandu dan pemberian makanan tambahan. Untuk mendukung kegiatan inisiatif WASH tersebut, pada Selasa (18/10), PT KAL melaksanakan serah terima bantuan instalasi air bersih sebanyak dua unit. Masing-masing mereka serahkan kepada Desa Kuala Satong di Dusun I dan Desa Kuala Tolak di Dusun Karya, Kecamatan Matan Hilir Utara.

Sebelumnya, PT KAL telah terlebih dahulu berkoordinasi dengan perangkat desa, serta melaksanakan survei ke lokasi desa yang mengalami kesulitan mendapatkan air bersih. Dengan demikian, mereka memastikan agar penentuan titik letak sarana air bersih tersebut bebar-benar berada di lokasi strategis yang dapat diakses oleh masyarakat setempat.

Kepala Desa Kuala Tolak, Jakfar, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya terhadap perusahaan atas program sarana air bersih tersebut. "Hal ini sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat Desa Kuala Tolak. Manfaatkan sepenuhnya sarana air bersih ini dan menjaganya seperti milik sendiri," ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan Pjs Kepala Desa Kuala Satong, Seliy. Dia yang secara simbolis menerima sarana air bersih untuk desanya tersebut, mengucapkan terima kasih kepada pihak perusahaan. "Kami akan menjaga dan merawat bantuan dari PT KAL ini seperti milik kami sendiri," ujarnya.

Pelaksana Program CSR PT KAL, Brian Ginting, menjelaskan, tujuan pelaksanaan kegiatan dan program CSR PT KAL tersebut, bukan hanya untuk menekan risiko sosial yang dihadapi oleh perusahaan. Mereka juga ingin agar kehadiran perusahaan benar-beanr dapat dirasakan secara positif oleh seluruh pemangku kepentingan.

“Perusahaan juga merasa senang dapat turut membantu menggerakkan roda perekonomian masyarakat, sekaligus menjaga keberlanjutan lingkungan hidup maupun sosial," paparnya. (ser)

Berita Terkait