Dukung Cetak Sawah 18.500 Ha

Dukung Cetak Sawah 18.500 Ha

  Sabtu, 13 February 2016 10:26
RAKOR: Kasdam XII Tanjungpura, Brigjen TNI Ahmad Supriyadi saat memimpin rakor bersama Dinas Pertanian Provinsi Kalbar dan sejumlah instansi terkait lainnya membahas percepatan cetak sawah di Kalbar. Foto Istimewa

Berita Terkait

KUBU RAYA—Komando Daerah Militer XII Tanjungpura mendukung penuh pemerintah Provinsi Kalbar dalam melakukan perceparan cetak sawah tahun 2016. Dukungan tersebut ditegaskan setelah Kamis (11/2) sejumlah pimpinan Kodam XII Tanjungpura yang dipimpin Kepala Staf Komando Daerah Militer XII Tanjungpura, Brigjen TNI Ahmad Supriyadi bersama instansi terkait lainnya melakukan rapat koordinasi  Percepatan  Pelaksanaan  Kegiatan Cetak Sawah di Wilayah Kalbar tahun 2016, di Aula Puskodalops Kodam XII Tanjungpura.

Menurut Kasdam XII Tanjungpura, upaya pemerintah pusat maupun pemerintah daerah serta berbagai pihak pelaku pertanian, peningkatan produktifitas pangan nasional belum dapat dicapai secara optimal sehingga berdampak terhadap ketahanan pangan di Indonesia masih belum cukup kuat, dikarenakan ada beberapa faktor diantaranya keterbatasan lahan pertanian yang semakin sempit disertai dengan adanya bencana alam. Perubahan iklim atau pemanasan global yang berkepanjangan.

“Adanya berbagai langkah teknis yang harus dilakukan termasuk Kodam XII Tanjungpura bersatu padu untuk meningkatkan ketahanan pangan diseluruh wilayah tanah air khususnya di wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah,” katanyaBagi Kodam XII Tanjungpura lanjutnya, tugas tersebut sangat mungkin dilakukan, mengingat Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 Pasal 7 ayat (2) butir b operasi militer selain perang Sub butir 9 membantu tugas pemerintahan di daerah melalui fungsi utama teritorial.

Sejalan dengan pasal 8 point d tugas TNI AD yang menyatakan melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat, terutama yang terkait dengan penyiapan potensi sumber daya alam khususnya logistik wilayah. Untuk itu, Kodam XII Tanjungpura melaksanakan pembinaan ketahanan pangan dengan memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya alam secara efektif, efesien, ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Kodam XII Tanjungpura siap mendukung program pemerintah pusat maupun pemerintah daerah diantaranya bidang pengentasan kemiskinan, juga bangsa Indonesia agar tidak mengalami krisis pangan. Kodam XII/Tpr siap mengerahkan personel untuk mendukung dan mensukseskan program pemerintah yang dilakukan melalui MoU secara maksimal, mendukung program Kementan RI dalam mensukseskan kegiatan cetak sawah 18.500 Ha di wilayah Kalbar tahun 2016,” papar Kasdam XII Tanjungpura.Rakor tersebut dihadiri para Dandim Jajaran Kodam XII Tanjungpura yang ada di walayah Kalbar, Kadistan TPH Kalbar, Kabid PSP Kalbar dan Para Kadistan kabupaten/kota di wilayah Kalbar. (ash)

Berita Terkait