Dukung Anak Muda Lahirkan Inovasi

Dukung Anak Muda Lahirkan Inovasi

  Senin, 21 March 2016 09:42
KREATIF: Wali Kota Pontianak Sutarmidji saat membuka even Kickstart di Golden Tulip Hotel, Minggu (20/3). HUMAS PEMKOT FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

Wali Kota Pontianak Sutarmidji mengapresiasi forum anak muda Kalbar yang membahas tentang kewirausahaan, kreativitas, lingkungan, dan teknologi. Forum bernama Kickstart ini diharapkan mampu mendukung Kota Pontianak sebagai kota jasa dan perdagangan.  “Ini baik untuk membuka kreatifitas anak muda  agar tumbuh dan berkembang, demi kemajuan Pontianak sebagai kota jasa dan perdagangan,” ungkapnya saat membuka even Kickstart di Golden Tulip Hotel, Minggu (20/3). 

Dia mengaku sangat senang jika anak-anak muda di Pontianak memiliki kreatifitas dan daya inovasi tinggi. Karena hal tersebut menunjukkan bahwa sebagai manusia, mereka tetap hidup dan berkembang. Jika demikian dia memastikan Pontianak sebagai kota jasa dan perdagangan akan terus maju.

“Pemkot siap memfasilitasi kegiatan-kegiatan anak muda yang positif, agar generasi  muda bisa terus memanfaatkan peluang dalam segala hal. Karena jika anak mudanya kreatif maka inovasi akan terus ada dan akan semakin banyak yang hadir,” terangnya. 

Sutarmidji juga berharap Pontianak terus menjadi yang utama sebagai pelopor segala macam inovasi. Karena sampai saat ini Pontianak masih menempati urutan pertama sebagai kota yang memiliki inovasi terbanyak se-Indonesia. “Ada 149 inovasi di Pontianak yang dinilai Lembaga Administrasi Negara (LAN),” katanya.

Bagi dirinya, inovasi itu tidak ada batasannya, dia ingin Kota Pontianak menjadi laboratorium inovasi dalam tata kelola pemerintahan di segala aspek. Menurutnya semakin baik tata kelola pemerintahan maka semakin tinggi tingkat kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. Ketika kepercayaan masyarakat kepada pemerintah itu tinggi maka sumbangsih keikutsertaan masyarakat dalam mensukseskan pembangunan juga akan tinggi. 

Diketahui forum yang hadir dari anak muda ini tidak hanya memberikan motivasi saja, namun juga memberikan edukasi untuk melakukan aksi nyata yang berdampak bagi lingkungan dan daerah. Kickstart muncul untuk menjebatani para anak muda yang mempunyai semangat, kecerdasan, dan idealisme untuk melakukan aksi nyata, namun selalu terhambat oleh berbagai keterbatasan. 

Kickstart menghadirkan figur-figur lokal berprestasi yang telah mengatasi keterbatasan untuk melakukan aksi nyata. Para pembicara muda tersebut antara lain Asep Kurniawan (Owner, Warung Sepatu), Novizar Hartady (Founder, Gerakan Senyum Kapuas), Akilbudi Patriawan (Filmmaker lokal dari Kitara Film), Tumblr Pontianak (Akun media sosial), Benny Fajarai (Techopreneur, Co-founder dan CEO Qlapa.com) dan Ridho Brilliantoro (Co-founder, Pontinesia.com).

Salah satu pembicara, Filmmaker Kitara Film Akilbudi Patriawan mengatakan, dalam kesempatan tersebut dirinya berusaha menekankan agar konsisten pada dunia kreatif yang dijalankan. “Menjaga passion itu sangat sulit ketika dijalani,” katanya.  Sebagai pembuat film, menurutnya film yang dianggap bagus di ajang-ajang penghargaan adalah film-film yang bermuatan lokal.

Karena pasti akan lebih banyak diapresiasi secara luas. Nantinya karya film yang dihasilkan juga akan mampu berkontribusi untuk daerah itu sendiri. “Alasan saya terus memproduksi film karena senang dan menjadi kepuasan batin tersendiri, itu pula yang membuat konsisiten berkarya,” pungkasnya.(bar) 

Berita Terkait