Ducati Tetap Tangguh di Brno

Ducati Tetap Tangguh di Brno

  Minggu, 21 Agustus 2016 10:07

Berita Terkait

BRNO- Ducati meneruskan tren positifnya di Austria dengan tampil konsisten di sesi latihan bebas hari pertama GP Republik Ceko kemarin (19/8). Di dua sesi latihan pagi dan sore, jawara GP Austria Andrea Iannone sukses menjadi rider yang selalu berada di persaingan tiga besar rider tercepat.

Di sesi pagi, Iannone menjadi yang tercepat mengalahkan catatan duo Movistar Yamaha Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Catatan waktunya 1  menit 56,189 detik didapatnya ketika sesi menyisakan satu menit saja. Sebelumnya dua Yamaha seperti tak terkalahkan di sesi pagi.

Iannone sempat mengalami kerusakan teknis pada mesinnya dan terpaksa kembali ke garasi dengan mengendarai skuter. Setelah bertukar motor, dia kembali melanjutkan sesi latihan. Rossi yang sebelumnya menciptakan selisih 0,2 detik dari Lorenzo, tak mampu memperbaiki catatan waktu terbaiknya. Di lap terakhirnya Iannone memastikan bahwa paket motor Ducati juga mampu bersaing di Brno.

''Sekarang performa kami setara dengan Yamaha dan Honda. Dan di beberapa titik kami bisa lebih cepat ketimbang mereka,'' yakin Iannone dilansir Crash. Dia menuturkan, kelemahan motornya di Brno hanya dirasakan saat melewati tikungan dua (T2). Meski demikian kelemahan itu bisa membuatnya kehilangan keuntungan yang di dapat di sektor lain. 

Pada sesi sore, Iannone tetap cepat. Di awal sesi dia menempel ketat Rossi dengan selisih tipis 0,04 detik. Turun di waktu yang sama di atas keduanya saling salip memperebutkan posisi rider tecepat.  Iannone kemudian menggeser posisi Rossi setelah mencatat lap terbaik 1 menit 56,510 detik. Rossi lalu merebutnya kembali dengan catatan waktu lebih cepat 0,020 detik.

Sebuah aksi penyelamatan mencenangkan dilakukan bintang Repsol Honda Marc Marquez yang nyaris mengalami kecelakaan hebat di tikungan 13 (T13). Saat akan melibas T13 motornya oleng dan nyaris terseret keluar trek. Kaki kanannya bahkan sudah tampak terangkat dan sedikit lagi terjatih. Namun menggunakan lutut kirinya yang dihentakkan ke permukaan aspal, dia mengembalikan motornya ke posisi aman.

Meski baru saja melewati momen horor  yang nyaris membahayakan balapannya akhir pekan ini, Marquez  tetap menggeber motornya dengan maksimal di lap-lap berikutnya. Puncaknya, ketika sesi sore menyisakan sekitar lima menit juara dunia MotoGP dua kali itu mencatatkan lap tercepat 1 menit 55,966 detik. Lebih cepat 0,011 detik di depan Lorenzo.

Marquez sekali lagi mengepras catatan waktunya menjadi 1 menit 55,840 detik yang mengantarkannya kokoh di posisi puncak. Lorenzo juga memperbaiki waktunya di posisi kedua dengan catatan 1 menit 55,944. Namun Iannone mengakhiri sesi sore dengan merebut posisi kedua dari Lorenzo posisi catatan waktu 1 menit 56,110 detik. Hanya lebih lambat 0,104 detik dari Marquez. 

Posisi keempat ditempat rider Avintia Ducati Hector Barbera dan Rossi di urutan kelima. Melihat hasil sesi latihan kedua tadi malam, sesi kualifikasi malam ini akan kembali diisi pertarungan tiga pabrikan: Yamaha, Honda, dan Ducati. Iannone punya kans untuk merebut satu tempat di barisan terdepan. ''Brno akan semakin memperjelas posisi Ducati di persaiingan akhir musim ini,'' aku Valentino Rossi dilansir Motorsport.(cak)

Berita Terkait