Ducati Peringatkan Lorenzo

Ducati Peringatkan Lorenzo

  Sabtu, 9 December 2017 10:00
Jorge Lorenzo

Berita Terkait

Menggelontorkan USD 12 juta untuk mendatangkan Jorge Lorenzo tahun lalu, Ducati sudah pasti punya ambisi besar dengan keputusan itu. Namun hasil tanpa kemenangan di musim debut membuat Ducati tak sabar. Hasil yang sama musim depan, tidak akan bisa diterima oleh pabrikan Italia tersebut.

''Jika tahun depan kami menemukan masalah yang sama dengan 2017, tidak ada lagi alasan. Ducati tidak akan bisa menerimanya,'' ujar kepala mekanik Lorenzo Cristian Gabarrini dilansir Motorsport. Gabarrini adalah kepala mekanik yang membawa Casey Stoner juara dunia pada 2007 bersama Ducati. Lorenzo sendiri yang memilih Gabarrini sebagai crew chief, lantaran gerbong mekaniknya di Yamaha enggan ikut ke Ducati.

Penampilan Lorenzo sepanjang musim 2017 jauh dari ekspektasi Ducati. Apalagi jika melihat rekan satu timnya Andrea Dovizioso yang memenangi enam balapan dan bersaing berebut gelar juara dunia hingga seri terakhir. Itu berarti, Desmosedici sudah mengalami kemajuan signfikan tahun ini. Namun proses adaptasi Lorenzo ternyata berjalan sangat lambat.

Gabarrini menyebut, seluruh fokus pengembangan motor Desmosedici di awal musim dilakukan untuk membuat Lorenzo percaya diri di atas motor. Ternyata, yang menjadi masukan Lorenzo hanya mengonfirmasi keluhan yang diungkapkan Dovizioso jauh-jauh hari. ''Pada bagian akhir musim, Jorge sudah mampu mengadaptasikan gaya balapnya dengan Desmosedici. Saya kira, 1-2 balapan lagi hasilnya akan terlihat,'' tambahnya.

Pengalaman Ducati ini, menjadi pelajaran besar bagi KTM. Mereka menyatakan tidak akan mengeluarkan dana sangat besar dengan hasil buruk seperti Ducati. Karena itu mereka menyatakan tidak akan menggelontorkan banyak uang untuk pembalap bintang. ''Kami lebih baik mencari pembalap berbakat dari Moto2 dan Moto3,'' kata Bos KTM Stefan Pierer.(cak)

Berita Terkait