Ducati Belum Tentukan Rekan Duet Lorenzo

Ducati Belum Tentukan Rekan Duet Lorenzo

  Rabu, 20 April 2016 09:00
Jorge Lorenzo

Berita Terkait

BOLOGNA – Jorge Lorenzo memang telah resmi berlabuh ke Ducati mulai musim depan dengan durasi kontrak selama dua tahun. Namun, hingga kini, siapa yang bakal menjadi rekan duet pebalap asal Spanyol itu masih diselimuti misteri. 

Ducati masih memiliki Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone yang tengah harap-harap cemas menanti perpanjangan kontrak mereka. Namun, Direktur Ducati Paolo Ciabatti mengatakan bahwa pihaknya belum menentukan siapa yang akan dipertahankan untuk menjadi rekan duet Lorenzo di MotoGP.

”Kami belum memutuskan apapun, prioritas kami adalah menyelesaikan perjanjian ini (dengan Lorenzo,” terang Ciabatti dilansir Sky Sport.

Memilih satu di antara kedua Andrea tersebut diakuinya merupakan hal yang sulit lantaran keduanya sama-sama sudah merasakan podium. Meski demikian, Ciabatti telah meminta kepada Lorenzo untuk memilih siapa yang bakal menjadi rekan duetnya.

”Lorenzo menyerahkan keputusan itu kepada kami sebab dia tidak keberatan siapa saja yang akan menemaninya,” imbuh Ciabatti.

Bersama Ducati, Lorenzo memang bakal menjadi pembalap termahal musim ini. Dikutip Gazzetta dello Sport, nilai kontrak yang dia setujui adalah 25 juta Euro (Rp 372,4 milyar) untuk dua musim. Angka tersebut sedikit di atas Valentino Rossi yakni USD 24 juta (Rp 314,5 milyar) per dua musim.

Dengan nilai kontrak yang begitu besar dari Ducati, tentu sangat mudah bagi Lorenzo untuk berpaling dari Yamaha. Pabrikan asal Jepang itu hanya mampu menawarkan kontrak perpanjangan di bawah 7 juta Euro (Rp 104 milyar per musim atau Rp 208 milyar untuk dua musim). Selain itu, buruknya hubungan dengan kawan setimnya Rossi membuat Lorenzo semakin mantap untuk pindah.

”Seperti biasanya, kesepakatan ini juga melalui proses yang kompleks. Tetapi, kami berhasil mencapai kesepakatan relatif cepat,” ungkap Ciabatti.

”Saya percaya bahwa kekuatan motor kami yang pada musim ini sangat kompetitif, juga berperan atas tercapainya kesepakatan tersebut,” imbuhnya.

Lorenzo diharapkan bisa memulai debut dengan motor Ducati Desmosedici di Sirkuit Valencia, Spanyol akhir musim ini. Untuk itu, Ducati bakal meminta ijin Yamaha, yang secara sah masih menjadi pemilik Lorenzo musim ini.

”Idealnya, uji coba pertama Lorenzo dengan Ducati dilakukan setelah perlombaan musim ini berakhir. Tetapi, kami harus bicara dulu dengan Yamaha,” tandasnya. (okt)

Berita Terkait