Dua Warga Dijemput Polisi

Dua Warga Dijemput Polisi

  Kamis, 23 June 2016 10:00
PERIKSA: Salah satu terduga pelaku pencurian TBS diwilayah kebun plasma PT.DSP saat diperiksa di Mapolsek Meliau kemarin. SUGENG/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SANGGAU - Dengan dalih kebutuhan ekonomi, dua warga di Meliau nekat melakukan pencurian buah sawit yang berlokasi di hamparan 91 dan hamparan 113 perkebunan plasma PT.DSP di Dusun Ketanjak, Desa Baru Lombak, Kecamatan Meliau. Sejumlah korban akhirnya melaporkan kejadian tersebut kepada polisi.

Kapolres Sanggau, AKBP Donny Charles Go, S.Ik melalui Kapolsek Meliau Iptu Eeng Suwenda membenarkan adanya laporan dari sejumlah orang mengenai kasus pencurian tersebut. Polisi kemudian menindaklanjuti laporan tersebut dengan mendatangi lokasi kejadian dan melakukan penyelidikan lebih lanjut.

“Sementara ini ada tiga korban yakni Antonius Apit, Sengeng dan Martinus Pakpahan. Pelaporan mengenai kejadian tersebut dilakukan pada 21 Juni 2016 kemarin,” ujar dia Rabu (22/6).

Hasil penyelidikan sementara telah diperoleh informasi terkait identitas dan keberadaan para terduga pelaku pencurian TBS tersebut. Sekira pukul 11.00 pada hari itu juga, anggota Polsek Meliau melakukan penangkapan terhadap dua warga terduga sebagai pelaku pencurian. “Kami menangkap dua orang terduga pelaku berinisial SM, 33 tahun dan SK, 20 tahun. Keduanya merupakan warga Meliau,” katanya.

Dari penangkapan keduanya, polisi turut menyita sebuah mobil dump truk B 9865 UDA. Selain itu, juga disita  3,5 ton TBS dan alat yang digunakan untuk memindahkan buah ke dalam mobil.

Terkait kejadian ini, polisi masih melakukan penahanan kepada dua warga tersebut untuk kepentingan pemeriksaan lebih lanjut. Sejauh ini, kepolisian telah mengantongi sejumlah bukti terkait dengan peristiwa tersebut.

Dari pengakuan kedua warga tersebut mereka melakukan pencurian tersebut atas dasar himpitan ekonomi. Dengan kondisi tersebut, keduanya tidak ada jalan lain untuk bertahan hidup dan memilih untuk mencuri buah sawit.

“Sementara pengakuan mereka seperti itu. Kami masih lakukan pemeriksaan lanjutan guna mengungkap kasus pencurian buah sawit yang sedang marak akhir-akhir ini diwilayah hukum Polsek Meliau,” jelasnya.

Eeng tidak memungkiri bahwa informasi terkait dengan maraknya pencurian buah sawit ini sering terdengar. Kepolisian berharap warga tidak sungkan melaporkan apabila ada kejadian serupa. “Kondisi kamtibmas harus tetap kami jaga agar daerah ini tetap aman dan tentram,” tegas dia. (sgg)

Berita Terkait