Dua Truk Bermuatan Kayu Dilepas, Ini Alasannya

Dua Truk Bermuatan Kayu Dilepas, Ini Alasannya

  Sabtu, 15 Oktober 2016 07:22

SANGGAU – Dua truk bermuatan kayu yang ditangkap Kepolisian Resor Sanggau belum lama ini akhirnya dilepaskan. Sebelumnya, kepolisian curiga terhadap muatan kayu yang dibawa oleh truk tersebut. Namun, setelah melakukan pemeriksaan beberapa jam, pemiliknya dapat menunjukkan dokumen resminya.

Kepolisian memberhentikan dua truk tersebut saat melintas diwilayah hukum Polres Sanggau dengan membawa kayu dengan berbagai jenis. Khawatir dengan illegal logging, kepolisian memberhentikan keduanya dan membawanya ke Mapolres Sanggau untuk pemeriksaan.

Kapolres Sanggau, AKBP Donny Charles Go Sik yang ditemui harian ini mengakui bahwa kayu-kayu tersebut memiliki dokumen lengkap dan tidak bisa diproses. Karena itu, pihaknya harus melepaskan kayu-kayu tersebut atas dasar dokumen sah yang dimilikinya.

“Iya kami lepaskan. Dokumen resminya ada. Kami tidak mungkin paksakan prosesnya karena memang punya dokumen. Kalau kami mempersulit, itu malah bahaya dan beresiko untuk tugas yang kami emban,” jelas dia.

Menurut dia, tidak ada yang salah dalam penangkapan tersebut sebagai upaya antisipasi. Buktinya, karena dokumennya lengkap dan bisa ditunjukkan, kedua truk dilepaskan oleh kepolisian. Kekhawatiran ini, kata dia, bukan tanpa alas an. Karena masih sering diungkap pembawaan kayu yang tidak memiliki dokumen sah.

“Kalau yang tidak punya dokumen resmi ya diproses. Saya juga sudah ingatkan anggota saya. Kalau dokumennya ada dan tidak ada masalah, jangan dipersulit. Lepaskan supaya distribusinya tidak menemui kendala,” tegas dia. (sgg)