Dua Pengedar Shabu Diringkus

Dua Pengedar Shabu Diringkus

  Senin, 22 Agustus 2016 09:57
SABU: Zul beserta barang bukti shabu yang berhasil diamankan polisi.

Berita Terkait

MEMPAWAH- Perang terhadap jaringan narkotika terus dilakukan Polres Mempawah. Kali ini, Satuan Narkoba berhasil membekuk salah seorang pengedar shabu ketika melakukan transaksi di Jalan Rubini Mempawah, Sabtu (20/8) sekitar pukul 15.00 WIB. Tanpa perlawanan, pelaku dan barang bukti diamankan di Mapolres Mempawah.

 
Kapolres Mempawah, AKBP Dedi Agustono, S.Ik melalui Kasat Narkoba melalui Kasat Narkoba, AKP Suparjo membenarkan penangkapan itu. Kasat mengungkapkan, pelaku berinisial Zul, 24 warga Jala Bawal, Rt 12 Rw 10, Kelurahan Terusan, Kecamatan Mempawah Hilir.

Keberhasilan jajarannya meringkus pelaku hasil dari penyelidikan dilapangan. Ketika itu, polisi mendapatkan informasi adanya transaksi narkotika di kawasan Jalan Rubini Mempawah. Berbekal informasi berharga itulah, polisi pun melakukan pengintaian. Benar saja, polisi mendapatkan pelaku sedang berada di Tempat Kejadian Perkara (TKP) transaksi dengan mengendarai Sepeda Motor Yamaha Mio.

Tak mau buruannya lepas, polisi pun melakukan penyergapan. Zul yang tidak menduga keberadaan petugas, hanya bisa pasrah ketika digerebek. Zul pun kemudian digeledah. Dari penggeledahan itu, polisi mendapatkan sejumlah barang bukti seperti, satu klip plastik narkotika jenis shabu, dua buah heandphone, tiga korek api dan sepeda motor Yamaha Mio yang dikendarai pelaku.

Kepada petugas, Zul mengaku sudah satu tahun mengedarkan barang haram itu di wilayah Kota Mempawah dan sekitarnya. Zul yang terbilang licin dalam bisnis shabu ini, selalu berhasil menjual narkotika kepada pelanggannya. Hingga akhirnya, petualangan bisnis haram Zul pun berakhir di Jalan Rubini Mempawah.

 “Ketika diringkus, Zul tidak melakukan perlawanan. Pelaku dijerat dengan pasal 112 dan pasal 114 Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika, dengan ancaman minimal 5 tahun dan maksimal 20 tahun,” terang Suparjo.

Pada hari yang sama, Sabtu (20/8) sekitar pukul 17.00 WIB, Satuan Narkoba Polres Mempawah juga berhasil meringkus pengedar narkoba lainnya berinisial Jam, 34 warga Jalan Bawal, Rt 12 Rw 10, Kelurahan Terusan, Kecamatan Mempawah Hilir. Pelaku diringkus setelah digerebek petugas dikediamannya.

Kali ini, penggerebekan dipimpin langsung Kasat Narkoba, AKP Suparjo. Petugas melakukan penggeledahan seisi rumah Jam. Dalam penggeledahan itu, Jam berusaha mengelabui petugas dengan membuang barang bukti shabu di belakang rumahnya.

Namun, aksi Jam sudah lebih dulu diketahui polisi dan barang bukti shabu itu pun berhasil ditemukan. Jam pun tak bisa mengelak lagi dan mengakui dirinya mulai berbisnis barang haram itu sejak enam bulan ini. Pelaku beserta barang bukti shabu tersebut kemudian digiring ke Mapolres Mempawah untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

 “Untuk pelaku kedua yakni Jam, kita temukan barang bukti berupa satu klip plastic narkotika jenis shabu, satu buah bong, dua unit heandphone dan dua pipet plastik. Pelaku kita jerat dengan pasal 112 dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun dan pasal 127 UU Nomor 35 tahun 2009 dengan ancaman hukuman 4 tahun,” tukasnya.(wah)

Berita Terkait