Drum Band Gelar Gladi Bersih

Drum Band Gelar Gladi Bersih

  Rabu, 16 December 2015 08:30
PERIKSA: Danrem 121/ABW, Brigjen TNI Moch Fachrudin memeriksa barisan pasukan saat upacara peringatan HUT Hari Juang Kartika, kemarin. SUTAMI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

 
PERSATUAN Drumband Indonesia (PDI) Provinsi Kalimatan Barat menggelar gladi bersih dalam kejuaraan West Drum Band Kalimantan Open Championship 15-17 Desember 2015, di Gor Pangsuma Selasa (15/12) kemarin. Kejuaraan drum band tersebut merupakan hasil kerjasama antara PDI dengan Pontianak Post, KONI, dan Teh Sisri.

Ketua panitia, Tony Kurniawan mengatakan bahwa kejuaraan drum band kali ini berbeda dengan kejuaraan drum band pada umumnya. Selain karena lokasinya di dalam ruangan, masalah aturan juga kita terapkan di kejuaraan ini. “Kita menerapkan aturan dari PDI pusat yang notabennya yang bersifat nasional,” ujarnya.

Lanjut Tony, dalam gladi bersih tersebut peserta diberikan waktu untuk mengusai lokasinya. Agar ketika nanti dalam perlombaan peserta sudah terbiasa memainkan drum band di dalam ruangan. Selain harus mengusai lokasinya, gladi bersih ini juga bertujuan agar para peserta bisa menyesuaikan alat musiknya. Tony menambahkan, bermain drum band di dalam ruangan sangat berbeda dengan bermain di luar ruangan, peserta harus menyesuaikan alat musiknya sesuai dengan lokasinya.
Dalam kejuaran ini, para peserta drum band bukan hanya berkompetisi, malainkan mereka harus menunjukan bagaimana bermain drum band, dan bagaimana cara berkretivitas dalam memainkan alat musik drum band. Sehingga kejuaraan ini akan menjadi wadah untuk menampung para peserta yang mempunyai kreativitas, dan peserta yang benar-benar ingin menjadi pemain drum band profesional. “Semoga kejuaraan ini bisa mengakomodir para peserta drum band di Kalbar, terutama masalah aturan, agar ketika nanti ada salah satu peserta drum band yang bermain di daerah lain sudah memahami tentang aturan drum band secara nasional,” harap Tony.
Hal senada juga diungkapkan oleh Koordinator West Drumband Kalimantan Open Championship, Sony Rahmadani SPd bahwa gladi bersih ini bertujuan untuk memberikan peserta memahami lokasi dan mensistem alat drum bandnya agar disesuaikan dengan lokasi yang disediakan oleh panitia. Mengingat kejuaraan drum band kali ini dilaksanakan di dalam ruangan, tentu akan sangat berbeda dengan memainkan drum band di luar ruangan. “Kita memberikan 30 menit kepada peserta untuk memainkan alat drum bandnya,” katanya. Ia juga menceritakan, kejuaraan drum band tahun ini, PDI Kalbar membuka dua kategori, yaitu dari kategori junior yang pesertanya berasal dari Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sedangkan dari ketegori senior pesertanya dari Sekolah Menengah Atas (SMA) dan dari umum. “Sementra ini pesertanya 17. Tapi nanti akan ada tambahan dari kabupaten,” katanya.(pms/ser)

 

Berita Terkait