DPRD dan SKPD Merauke Berguru ke Mempawah

DPRD dan SKPD Merauke Berguru ke Mempawah

  Selasa, 15 March 2016 10:25
CENDERAMATA: Bupati Ria Norsan menerima cenderamata dari pejabat Merauke. WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

MEMPAWAH– Sebanyak 13 orang Anggota Komisi B DPRD dan SKPD Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, berkunjung ke Kabupaten Mempawah, Senin (13/3). Kedatangan wakil rakyat bagian timur Indonesia itu diterima Bupati, Ria Norsan di Aula Kantor Bupati Mempawah. Tujuannya mempelajari sistem pertanian dan perkebunan.

“Jauh-jauh kami datang dari tanah Papua ke Mempawah ini untuk belajar bagaimana sistem pengelolaan pertanian, perkebunan, dan kebijakan pemerintah daerah Mempawah tentang hak ulayat. Semoga kami bisa mendapatkan referensi lebih banyak,” kata Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Merauke, Fransiskus Xaverius Sirfefa menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya.

Fransiskus mengaku gembira, sebab kedatangannya beserta rombongan diterima langsung Bupati Mempawah, Ria Norsan. Tak segan-segan, kesempatan itu pun dimanfaatkan untuk menyampaikan berbagai macam pertanyaan seputar kebijakan pemerintah daerah Mempawah terhadap hak ulayat masyarakat hukum adat.

“Kami ingin mengetahui bagaimana proses nota kesepahaman dengan para investor terkait dengan penggunaan hak ulayat untuk perkebunan, pertanian, perikanan, dan kawasan industri. Selain itu juga bagaimana penganggaran APBD terkait penyelesaian hak ulayat. Begitu pula apakah ada kebijakan khusus bagi masyarakat hukum adat terkait dengan nota kesepahaman antara pemerintah daerah dengan investor,” paparnya.

Hal lain yang ditanyakan Komisi B DPRD Merauke berkaitan dengan proses perizinan terhadap investor dan peran pemerintah daerah dalam menyiapkan infrastruktur untuk investasi di daerah. “Kami berharap bisa mendapat keterangan yang nantinya bisa kami bawa pulang ke Merauke,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Ria Norsan mengaku gembira mendapatkan kunjungan para wakil rakyat dari kabupaten terluas di Indonesia itu. Norsan pun menerangkan sejumlah hal yang berkaitan dengan profil wilayah dan penduduk Kabupaten Mempawah, potensi dan pengelolaan perekonomian daerah, dan jawaban atas sejumlah pertanyaan yang diajukan DPRD Kabupaten Merauke.

“Semoga pertemuan ini membawa keberkahan bagi kedua daerah,” harapnya.

Turut hadir mendampingi Bupati, Sekretaris Daerah (Sekda), Mochrizal, Asisten Tata Praja, Iis Iskandar, Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Mempawah, Ridhuan Ismail, Anggota DPRD, Edi Takan, dan sejumlah SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah.(wah)

Berita Terkait