DPD PPNI Kabupaten Sambas, Adakan Donor Darah

DPD PPNI Kabupaten Sambas, Adakan Donor Darah

  Selasa, 3 May 2016 10:21
FOTO BERSAMA: DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Sambas berfoto bersama usai laksanakan bakti sosial PPNI 2016. OZY/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SAMBAS - DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Sambas mengadakan bakti sosial donor darah dan Pencanangan Desa Keperawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas) di Desa Semparuk Kecamatan Semparuk, Sabtu (30/4).

Kegiatan dalam rangka memperingati  HUT PPNI ke-42 tahun 2016 di Kabupaten Sambas mengusung tema meningkatkan kualitas dan kuantitas perawat sebagai unsur utama dalam sistem pelayanan kesehatan. Hadir dalam kegiatan tersebut Kabag Kesra, Rahmat Sos Msi, Badan Lingkungan Hidup diwakili Mulyadi SSos, dan  dr Fatah Maryunani mewakili Dinas Kesehatan, Camat Semparuk beserta Muspika, tokoh agama dan tokoh masyarakat,   pejabat dilingkungan Dinas Kesehatan dan Ketua Organisasi profesi kesehatan serta Anggota PPNI Kabupaten  Sambas.

Ketua DPD PPNI Kabupaten Sambas, Muhardi mengatakan kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan merupakan salah satu bentuk dukungan yang diberikan terhadap program pemerintah, terutama hasil Lokakarya Mini Zona di zona Kecamatan Semparuk dan Pemangkat yang menggagendakan Pemeriksaan golongan darah dan donor darah pada kelompok pendonor darah.

Sementara terkait dengan Pencanangan Desa Binaan Keperawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas). Sebut Muhardi, perawat mempunyai keahlian dalam asuhan keperawatan pada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat.  “Desa binaan Perkesmas merupakan implementasi dari asuhan keperawatan tersebut yang dilakukan pada kelompok  atau komunitas,” katanya.

Selain acara bakti sosial , juga akan diadakan acara seminar dengan Topik “Disaster Manajemen” sebagai bentuk implementasi manajemen bencana dan Kegawat-daruratan dengan nara sumber dari HIPGABI Pusat yang akan dilaksanakan pada kamis (12/5) di Aula Kantor Bupati Sambas, “untuk itu kami mengimbau anggota PPNI Kabupaten Sambas untuk hadir dalam seminar nanti, pungkas Muhardi.

Ketua Panitia Pelaksana, Donie Al Ifhan S Kep mengatakan bahwa Tujuan bakti sosial Donor Darah ini adalah mendorong masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Donor Darah (KDD) di Desa Semparuk untuk melakukan donor darah kepada masyarakat yang memerlukannya. 

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Pemkab Sambas, melalui Kabag Kesra Rahmat SSos MSi memberikan apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan PPNI Sambas. Menurutnya, selain baik juga patut dicontoh oleh organisasi lain dan oleh desa-desa di kecamatan yang ada di Kabupaten Sambas. Karena  donor darah itu selain memberi manfaat pada orang lain, juga sangat  baik untuk kesehatan pendonor itu sendiri.

Camat Semparuk, Abrar SIP mengatakan di setiap desa di kecamatannya juga telah membuat program unggulan, misalnya di Desa Semparuk adanya desa Keperawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas) , di Desa Sepinggan ada program Desa Gerakan Sayang Ibu (GSI), kemudian di Desa Sepadu dengan program Kampung KB, Desa Singa Raya dengan program Kesehatan dan Keselamatan Kerja.  Abrar sangat berharap semua program yang sedang berjalan di desa-desa tersebut mendapat dukungan penuh dari PPNI kabupaten Sambas.(ozy/ser)

 

Berita Terkait