DPD Apersi Kalbar Paling Inspiratif se-Indonesia

DPD Apersi Kalbar Paling Inspiratif se-Indonesia

  Rabu, 16 December 2015 08:56
RAKERNAS: Rapat Kerja Nasional Apersi 2015 di Makassar dibuka oleh Wakil Ketua MPR RI, Oesman Sapta Odang. Dalam kesempatan ini, Apersi Kalbar dinobatkan sebagai DPD Apersi paling inspiratif. ISTIMEWA

Berita Terkait

 

DPD Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Kalimantan Barat mendapat apresiasi tinggi dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Apersi 2015 di Makassar, Sulawesi Selatan. Selain meraih Apersi Awards kategori terinspiratif, empat pengembang dari Apersi Kalbar juga mendapat penghargaan atas sumbangan dalam program rumah gratis Trans TV.IDIL AQSA AKBARY, Pontianak

APERSI sukses menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) di Makassar Sulawesi Selatan 12-13 Desember 2015 lalu. Kegiatan tersebut sekaligus sebagai acara puncak perayaan HUT ke-17 Apersi.
Rakernas Apersi ini dibuka langsung oleh Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta Odang, serta dihadiri Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Ketua Apersi Pusat Eddy Ganefo yang juga Ketua Kadin Pusat, para pimpinan DPD Apersi serta jajaran pejabat daerah di Sulawesi Selatan.
Ketua DPD Apersi Kalbar Ramadan yang juga hadir dalam Rakernas kali ini mengatakan, DPD Apersi Kalbar berhasil mendapatkan Apersi Awards dalam kategori anggota terinspiratif. Artinya dalam beberapa kegiatan yang dilakukan oleh DPD Apersi Kalbar, mampu menginspirasi daerah-dareah lain untuk melakukan program-program yang sama.
“Ada tiga kategori penghargaan yang direbutkan. Dua lagi diraih DPD Apersi Banten untuk kategori termotivatif dan DPD Apersi Jabar untuk kategori teraktif,” terangnya kepada Pontianak Post, Senin (14/12).
Selain penghargaan untuk DPD Apersi Kalbar secara umum, pengembang yang menjadi anggotanya pun mendapat penghargaan. Penghargaan itu jatuh kepada PT Borneo Rida Itech, PT Mega Intan Timur, PT Tloyoh Jaya Abadi, dan PT Arfiz Jaya Pratama, yang masing-masing mendapatkan penghargaan atas partisipasi atau sumbangannya dalam menyediakan rumah untuk program rumah gratis Trans TV.
“Kemudian untuk 2016 beberapa developer anggota DPD Apersi Kalbar kembali akan menyiapkan sekitar lima unit rumah lagi untuk program rumah gratis di tv swasta nasional,” terangnya.
Penghargaan yang telah diraih tersebut, menurutnya murni atas partisipasi dari para developer anggota DPD Apersi Kalbar. Sebelumnya, dalam beberapa kesempatan, beberapa anggota juga telah banyak menyumbangkan rumah gratis kepada masyarakat kurang mampu, baik itu melalui program yang terekspos maupun tidak. “Semoga di tahun-tahun mendatang bisa lebih banyak lagi rumah yang dapat dibagikan,” ucap Ramadan.
Dia pun berharap pihak pemerintah bisa lebih peduli dan memberikan perhatian lebih. Sebetulnya saat ini pemerintah bisa dikatakan berutang sekitar 15 juta unit rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Karena rumah adalah kebutuhan pokok, artinya sudah menjadi kewajiban pemerintah dalam menyediakannya. Sesuai dengan yang diamanatkan dalam UUD 1945 Pasal 28. “Warga negara memiliki hak atas pangan, sandang, papan, dan pelayanan kesehatan,” tambahnya.
Dengan Apersi yang cukup perhatian membantu menyediakan rumah, ia berpendapat, pemerintah mestinya merasa terbantu. Melalui kiprahnya, Apersi telah mengurangi beban kewajiban menyediakan kebutuhan papan. “Kami harusnya juga dibantu, dengan dipermudah dalam pengurusan atau pemangkasan administrasi terutama untuk pembangunan rumah layak huni tipe 36,” katanya.  
Pengurusan izin, pemecahan sertifikat, termasuk sarana dan prasarana seperti ketersediaan listrik, air, jalan, drainase dan lain-lain. “Kalau bisa pemerintah yang urus jangan lagi kami yang dilibatkan dalam urusan teknis itu,” ujarnya.**
.

 

Berita Terkait