DP3K Siapkan 740 Babi

DP3K Siapkan 740 Babi

  Sabtu, 19 December 2015 08:02
PETERNAKAN: Peternakan babi memperkuat suplai menjelang Natal dan tahun baru. ISTIMEWA

Berita Terkait

MENJELANG perayaan Natal 2015, Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mempawah mengungkapkan konsumsi daging babi meningkat hingga 20 persen dari hari normal. Memenuhi kebutuhan tersebut, pihaknya telah menyiapkan stok 740 ekor babi.

“Menyambut hari natal ini, permintaan masyarakat terhadap daging babi mengalami peningkatan dari hari normal. Karenanya, kita sudah melakukan upaya-upaya agar kebutuhan masyarakat tersebut dapat terpenuhi,” terang Kepala Bidang Peternakan DP3K Mempawah, drh. Buntaran diruang kerjanya, kemarin.

Salah satu upaya dimaksud, sambung Buntaran yakni dengan mempersiapkan stok babi yang siap potong. Saat ini, pihaknya mengaku telah menyediakan 740 ekor babi untuk memenuhi konsumsi masyarakat di Kabupaten Mempawah.

“Kita perkirakan, jumlah 740 ekor babi ini sudah cukup untuk memenuhi permintaan pasar. Jadi, secara keseluruhan stok atau persediaan daging babi menjelang natal 2015 masih aman dan terkendali,” paparnya.

Masih terkait ketersediaan daging babi tersebut, Buntaran mengungkapkan babi-babi yang didapat pihaknya berasal dari para peternak yang ada disejumlah kecamatan di Kabupaten Mempawah. Sehingga, pihaknya pun tidak perlu repot mendatangkan babi dari daerah luar untuk memenuhi kebutuhan di daerah.

“Dari pantauan petugas, menjelang natal ini jumlah pemotongan babi mulai mengalami penambahan. Pada hari normal, pemotongan sebanyak 15-20 ekor. Namun, sekarang ini bisa naik hingga 20 persen,” bebernya.

Lebih jauh, Buntaran mengatakan, meningkatnya permintaan pasar terhadap konsumsi daging babi menyebabkan terjadinya hukum pasar. Ketika permintaan meningkat, maka harga barang secara otomatis naik.“Harga juga ikut naik pastinya. Pada hari normal berkisar Rp 55-60 ribu perkilogram, sekarang kenaikan kurang lebih Rp 10 ribu setiap kilogramnya. Yang pasti untuk persediaan stok daging sudah aman,” tegasnya mengakhiri.(wah)

Berita Terkait