Dorong Perang Purnajual

Dorong Perang Purnajual

  Sabtu, 9 April 2016 10:54
IIMS 2016: Model berpose di samping motor Peugeot dan mobil Honda New CR-Z yang dipamerkan di Indonesia International Motor Show, Jakarta, kemarin. Ajang tahunan yang dibuka sejak 8 hingga 19 April ini diikuti lebih 300 peserta. FOTO-FOTO: GOH CHAI HIN / AFP

Berita Terkait

JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menilai Indonesia memiliki potensi besar mengalahkan Thailand yang menjadi basis produksi kendaraan bermotor di kawasan AsiaTeng gara. Syaratnya, pemerintah terus membenahi infrastruktur.

’’Kita punya jumlah penduduk terbesar keempat dunia, jauh di atas Thailand. Hanya, panjang jalan yang kita miliki kalah jika dibandingkan dengan Thailand,’’ katanya.
Kalla menyatakan, penjualan mobil sangat ditentukan kemampuan pemerintah membangun infrastruktur. Jika infrastruktur, terutama jalan, jembatan, dan pelabuhan, tidak dibangun, jalan akan macet sehingga penjualan otomotif di pastikan mandek. ’’Infrastruktur juga penting untuk memperlancar distribusi penjualan kendaraan bermotor,’’ jelas dia.

Karena pembangunan infrastruktur bergantung penerimaan pajak, Wapres meminta industri otomotif aktif mendorong peningkatan daya beli masyarakat. Selain menghindari perang harga, agen pemegang merek (APM) di industri otomotif didorong meningkatkan layanan purnajual. ’’Perang harga hanya akan mematikan banyak pihak. Kalau perbaikan purnajual, konsumen bakal diuntungkan dalam jangka panjang,’’ terangnya.

Sementara itu, prinsipal otomotif optimistis tahun ini penjualan otomotif membaik seiring dengan keluarnya paket kebijakan ekonomi dan gencarnya pembangunan infrastruktur. Karena itu, PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AIDSO) berani berinvestasi Rp400 miliar.

Tahun ini Daihatsu menambah tujuh diler baru di berbagai daerah seperti Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Setiap diler membutuhkan investasi Rp30 miliar. ’’Kami ingin lebih mendekatkan diri dengan pelanggan karena yakin tahun ini lebih baik,’’ ujar Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation Hendrayadi Lastiyoso, Kamis (7/4).

Selain itu, Daihatsu akan meningkatkan kualitas tujuh diler lain. Saat ini tujuh diler tersebut hanya berfokus pada penjualan sehingga nanti ditambah la yanan servis dan spare part. Investasi juga ber kisar Rp30 miliar. ’’Kalau dirata-rata, investasi untuk penambahan di ler baru maupun upgrade diler sekitar Rp400 miliar,’’ tandasnya. (wir/c14/noe)

Berita Terkait