Dorong Peningkatan Ketahanan Pangan

Dorong Peningkatan Ketahanan Pangan

  Kamis, 18 February 2016 09:10
Gambar dari JawaPos

Berita Terkait

KUBU RAYA – Genap dua tahun memerintah Kabupaten Kubu Raya, Rabu (17/2) Bupati Kubu Raya, Rusman Ali bersama Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus melakukan evaluasi terhadap hasil kerja Pemerintahan Kabupaten Kubu Raya. Dikesempatan yang sama mereka juga melakukan monitoring dan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan tahun 2016 di aula Kantor Bupati Kubu Raya.

Dalam meningkatkan ketahanan pangan, Hermanus menilai terdapat beberapa hal penting yang harus menjadi perhatian bersama, karena kegiatan pengembangan penganekaragaman konsumsi pangan merupakan bagian dari implementasi amanat dalam Undang-Undang Nomor 18 tahun 2012. “Untuk menciptakan kondisi terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perorangan yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama dan kebudayaan masyarakat,” kata Hermanus.

Penganekaragaman konsumsi pangan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan membudayakan pola konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang dan aman serta sesuai dengan potensi dan kearifan lokal yang dilaksanakan melalui kegiatan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP). “Pelaksanaan kegiatan P2KP merupakan implementasi salah satu dari empat target sukses kementerian pertanian, yaitu peningkatan pangan,” ucapnya.

Ia menambahkan, pentingnya penganekaragaman konsumsi pangan dikarenakan tidak ada satu jenis makanan yang mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. “Selain itu, pola komsumsi pangan masyarakat yang belum beragam, bergizi, seimbang dan aman akan berpengaruh pada kesehatan masyarakat,” katanya.

Tahun 2015, lanjut Hermanus, Kabupaten Kubu Raya mendapat bantuan kegiatan P2 KP melalui kegiatan kawasan rumah pangan lestari (KRPL) sebanyak 6 unit yang tersebar di lima kecamatan. “Kecamatan Rasau Jaya, Terentang, Kubu, Sungai Kakap dan Sungai Raya,” terangnya.Hermanus berharap, bantuan yang diberikan dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab dan dapat terus berjalan serta berkesinambungan. “Yang paling penting pelaporan perkembangan dari kegiatan P2KP di kelompok masing-masing dapat dibuat dan dilaporkan,” pungkasnya. (ash)

Berita Terkait