Dorong DPRD Pecat Saut

Dorong DPRD Pecat Saut

  Rabu, 11 May 2016 10:02
KE DPRD: HMI Kabupaten Sambas datangi Kantor DPRD Kabupaten Sambas. OZY/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

SAMBAS – Gelombang protes atas pernyataan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Thony Saut Situmorang yang melecehkan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) terjadi juga di Sambas. Puluhan Kader HMI Sambas datangi Kantor DPRD Kabupaten Sambas. Mereka mendesak, lembaga ini ikut mendorong proses hukum hingga pemecatan salah satu unsur pimpinan KPK tersebut.

“Pecat Saut dari KPK,” kata salah satu mahasiswa yang tergabung dalam aksi yang dilaksanakan Selasa (10/5). Selain orasi, puluhan Kader HMI Sambas juga membawa spanduk dan tulisan-tulisan mengecam Saut Situmorang.

Sebelumnya, Puluhan Kader HMI Sambas berkumpul di Tugu Songket. Kemudian, meski ditengah terik matahari yang menyengat. Mereka berjalan menuju Kantor DPRD Kabupaten Sambas dengan pengawalan petugas kepolisian dari Polres Sambas.

Setelah tiba, secara bergantian Kader HMI menyampaikan aspirasinya di halaman Kantor DPRD Kabupaten Sambas. Puluhan polisi terlihat menjaga aksi yang dimulai sekitar pukul 13.00 WIB tersebut. 

Peserta aksi kemudian diterima oleh beberapa Anggota DPRD. Kemudian dipersilahkan menyampaikan aspirasi di dalam Kantor DPRD Kabupaten Sambas. Ketua Umum HMI Cabang Sambas, Sahuri mengatakan aksi kali ini merupakan bentuk pengecaman atas apa yang disampaikan Saut Situmorang, yang merupakan salah satu pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

“Sebelumnya,sesuai Instruksi PB HMI. Senin (9/5) kami juga telah membuat laporan atas tindakan pencemaran nama baik yang dilakukan Saut Situmorang kepada Polres Sambas, harapan kami, bisa diteruskan ke Polda Kalimantan Barat hingga ke Mabes Polri. Karena Saut Sitomorang dinilai melukai HMI,” kata Sahuri, Selasa (10/5).

Dalam aksi dan pelaporan yang dilakukan. Sahuri menegaskan, bahwa HMI tidak melawan KPK. Tetapi HMI ingin menyelamatkan komisi anti rasuah tersebut dari individu seperti Saut Situmorang.

“Kami tegaskan, HMI tidak menyatakan melawan KPK. Tapi HMI mendukung tugas KPK dalam melawan korupsi,” katanya. (fah)

Berita Terkait