Donor Darah Massal SMA Negeri 1 Pontianak

Donor Darah Massal SMA Negeri 1 Pontianak

  Rabu, 6 December 2017 10:00
PERSIAPAN: UKS SMAN 1 Pontianak akan menjadi lokasi pusat kegiatan donor darah. Panitia sedang melakukan persiapan menjelang kegiatan yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2017. FOTO: DOK. IKA ALUMNI SMANSA ANGKATAN 2006

Berita Terkait

PONTIANAK - Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Pontianak Angkatan 2006 akan mengadakan acara donor darah massal yang didukung langsung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pontianak. Mengusung tema “Your Blood Saves Lives”, acara donor darah akan diadakan pada Sabtu, 9 Desember 2017 mulai pukul 07.00-13.00 WIB dan bertempat di SMA Negeri 1 Pontianak, Jalan Gusti Johan Idrus.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian alumni terhadap kebutuhan darah bagi masyarakat di Kalimantan Barat. M. Andilla Aditya Novariandi selaku ketua Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Pontianak Angkatan 2006 mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan agenda sosial dari ikatan alumni angkatannya. “Kegiatan donor darah ini baru pertama kali kami adakan dan harapannya dapat dilaksanakan secara rutin kedepannya,” ujar Andilla.

Andilla juga menjelaskan bahwa hingga saat ini panitia sudah berkoordinasi dengan pihak sekolah, siswa, alumni lintas angkatan dan PMI mengenai lokasi, pendaftaran donor darah, juga hal teknis lainnya. “Tercatat sudah ada 49 nama pendonor yang terdaftar. Target kita adalah 100 pendonor. Semoga semakin banyak masyarakat yang dapat berpartisipasi,” tambah Andilla.

Unit Kesehatan Sekolah (UKS) SMAN 1 Pontianak akan menjadi pusat kegiatan donor darah. Tak hanya alumni, pihak sekolah dan siswa-siswi SMAN 1 Pontianak juga akan terlibat untuk mensukseskan kegiatan ini. 

Selain membantu kerja PMI dalam mengumpulkan darah untuk masyarakat Kalbar, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangkitkan semangat berbagi, termasuk kalangan alumni, siswa-siswi SMAN 1 Pontianak dan masyarakat umum. “Harapannya dapat menumbuhkan solidaritas, rasa peduli, dan kasih sayang antar masyarakat Kalbar. Semoga juga darah yang terkumpul nanti bermanfaat bagi pasien yang membutuhkan terutama yang dalam kondisi operasi, kritis dan kondisi terdesak lainnya,” pungkas Andilla.

 Acara ini terbuka untuk umum. Bagi masyarakat yang berminat untuk menjadi pendonor, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon pendonor, diantaranya usia minimal 17 tahun, tidak sedang demam, tidur malam minimal 5-6 jam, tidak ada riwayat hipertensi/tekanan darah tinggi, tidak minum obat apa pun selama tanggal 7-9 Desember 2017, tidak sedang dalam keadaan hamil, menyusui, atau menstruasi.

Partisipasi dalam kegiatan ini juga dapat dilakukan dengan memberikan donasi melalui transfer ke Bank Syariah Mandiri, nomor rekening  2006 0 2006 5 a.n. Ika Alumni Smansa 2006 Ptk. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh dengan menghubungi nomor 087818377049 / 085750865551. (sya)

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       

Berita Terkait