Dompet Ummat Launching Ummah Academy

Dompet Ummat Launching Ummah Academy

  Jumat, 15 December 2017 10:00
PASANG SELEMPANG : Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Pontianak saat memasangkan selempang kepada perwakilan peserta Ummah Academy, Kamis ( 4/12)

Berita Terkait

PONTIANAK - Dompet Ummat Pontianak meresmikan Ummah Academy sekaligus Pembukaan Pelatihan untuk Guru IT Untuk Guru SMP Se Kota Pontianak. Kamis ( 4/12). Peresmian dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak, Mulyadi.

Dalam sambutannya, Mulyadi mengatakan paradigma dunia pendidikan sudah saatnya beralih dari cara-cara konvensional kepada pemanfaatan IT. “Perubahan ini menjadi penting dalam rangka mengikuti perkembangan zaman,” ungkapnya.

Di Kota Pontianak sendiri, kata dia, penerapan IT sudah dimanfaatkan di bidang pendidikan, seperti penerimaan siswa secara online (PPDB Online) serta tersedianya website sekolah. Guna mewujudkan hal itu, maka perlu adanya peningkatan kapasitas guru di bidang IT. Sehingga pelatihan dan pembekalan terhadap guru menjadi sangat penting. “Kami juga ada mengadakan pelatihan-pelatihan berbasis IT, seperti pembuatan web kepada para guru,” katanya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Dompet Ummat, Sinta, mengatakan pelatihan ini merupakan bentuk apresiasi DU kepada para guru. Selain itu, momen ini juga sebagai salah satu bentuk syukur atas usia DU yang telah menginjakkan angka 16 tahun di bulan ini.

Sinta menjelaskan, Program Pendampingan dari DU telah dilakukan sejak September, lalu. Pendampingan melalui beberapa tahapan yang harus dilewati.“Setidaknya terjaring  21 orang. Mereka berhasil melewati beberapa tahap mulai dari tahap survey, test logika secara tertulis, hingga test wawancara,” jelasnya.

Ummah Academy sendiri melatih para pesertanya untuk mempelajari web development, desain grafis dan digital content creator. Seluruh materi ini akan disampaikan oleh tim dari 8 bit yang merupakan praktisi dibidang IT Development.

Tidak hanya hanya itu mereka juga akan mendapatkan bimbingan dalam hal agama mulai dari adab, akhlak dan muamalah serta bimbingan amalan harian.  Ummah Academy berlokasi di Bengkel Kemandirian Dompet Ummat Jl. Husein Hamzah Gg. H.M. Husein. Bengkel Kemandirian merupakan sentra pelatihan kemandiran dhuafa Dompet Ummat, melalui pelatihan ini diharapkan dhuafa dapat terbebas dari kemiskinan. (sti)

Berita Terkait