Diundang Pangab AS, Panglima TNI Malah Ditolak Masuk Amerika Serikat

Diundang Pangab AS, Panglima TNI Malah Ditolak Masuk Amerika Serikat

  Minggu, 22 Oktober 2017 20:24

Berita Terkait

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo ditolak masuk wilayah Amerika Serikat (AS). Padahal semula Gatot Nurmantyo beserta istri hendak memenuhi undangan dari Kepala Staf Gabungan (versi Puspen TNI semacam Panglima Angkatan Bersenjata Amerika Serikat) Jenderal Joseph F Durford Jr.

Penolakan masuk ke wilayah AS ini berasal dari otoritas keamanan dalam negeri Paman Sam tersebut. Sebelumnya Gatot Nurmantyo bersama istri, terbang ke AS dengan menumpangi maskapai penerbangan Emirates EK 0357 dari Bandara Soekarno Hatta, Sabtu (21/10), pukul 17.05.

Diketahui, Joseph F Durford Jr adalah sahabat sekaligus senior Gatot karena usianya lebih tinggi. Gatot sudah seringkali bertemu dengan Joseph pada acara kemiliteran Internasional.

Lantaran sudah saling kenal, Joseph mengirimkan undangan kepada Gatot untuk dapat hadir pada acara Chiefs of Defence conference on country violent Extremist organizations (VEOs) yang akan dilaksanakan di kota Washington DC pada Senin (23/10) hingga Selasa (24/10). Sehingga Gatot berniat hadir atas undangan tersebut.

Atas peristiwa tersebut, Gatot telah mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menkopolhukam Wiranto.

(cr5/JPC)

Berita Terkait