Distribusikan 3. 255 Kantong

Distribusikan 3. 255 Kantong

  Selasa, 13 September 2016 10:13
BERSIAP: Warga sedang mempersiapkan hewan sapi yang akan dikurbankan.

Berita Terkait

MEMPAWAH- Pemerintah Kabupaten Mempawah melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) mendistribusikan sedikitnya 3. 255 kantong daging hewan qurban pada Idul Adha 1437 H ini. Daging qurban tersebut berasal dari bantuan Pemda sebanyak 20 ekor sapi dan Bank Kalbar Cabang Mempawah sebanyak 10 ekor sapi.

 
Secara simbolis, hewan qurban milik Pemerintah Kabupaten Mempawah itu diserahkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Mochrizal kepada Ketua Masjid Al-Falah Mempawah, H Ali Bakar usai pelaksanaan shalat Ied, Senin (12/9) pagi.

 “Bantuan hewan qurban dari Pemerintah Kabupaten Mempawah ini menjadi salah satu program yang dilaksanakan setiap tahun pada momentum perayaan Idul Adha. Hal itu sejalan dengan visi mis pemerintah daerah yakni pembinaan keimanan dan ketaqwaan masyarakat khususnya umat Islam,” terang Mochrizal.

Sekda berharap, hewan qurban tersebut dapat didistribusikan dengan maksimal dan tepat sasaran kepada masyarakat fakir miskin yang ada di Kabupaten Mempawah. Sehingga, seluruh masyarakat muslim dapat merasakan kebahagiaan pada momentum perayaan Idul Adha 1437 H ini.

 “Mudah-mudahan dengan semangat berkurban, semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Sehingga, seluruh umat Islam di Kabupaten Mempawah termasuk dalam golongan umat yang mendapatkan berkah dan rahmad dari Allah SWT,” harapnya mengakhiri.

Sementara itu, Penanggungjawab Distrbusi Hewan Qurban, Muhardi, S.Sos.I mengungkapkan, seluruh hewan qurban tersebut didistribusikan kepada sejumlah para pengurus masjid dan pengasuh pondok pesantren diwilayah Kabupaten Mempawah.

 “Proses distribusinya, hewan qurban ini kita serahkan kepada masjid dan pesantren. Kemudian, mereka yang melaksanakan pemotongan dan pembagian dilingkungan masyarakatnya masing-masing. Karena, mereka telah mengantongi data masyarakat yang layak mendapatkan daging hewan qurban tersebut,” ujar Muhardi.

Pria yang juga Sekretaris Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Mempawah ini menyebut, setiap hewan qurban yang disalurkan memiliki berat diatas 100 kilogram. Dengan bobot tersebut, maka setiap kantong daging yang didistribusikan kepada masyarakat penerima berkisar 8 ons hingga 1 kilogram.

 “Jika kita kalkulasikan setiap kantong berisikan 8 ons daging hewan qurban, maka 30 ekor sapi yang disalurkan akan menghasilkan kurang lebih 3. 225 kantong. Daging inilah yang kita berikan kepada masyarakat yang layak menerimanya,” paparnya.

Pria yang juga Sekretaris MABM Kabupaten Mempawah itu mengaku tidak ada kendala dalam proses pendistribusian daging hewan qurban tersebut. Hanya saja, pemotongan hewan qurban tidak dilakukan secara serentak.

 “Alhamdulillah, semua proses pendistribusian berjalan lancar dan tidak ada kendala dilapangan. Namun, pemotongan tidak serentak ada yang hari ini (kemarin), Selasa dan Rabu. Mereka menyesuaikan dengan waktu luang para pengurus masjid dan pesantren,” tukasnya.(wah)

Berita Terkait