Dishubkominfo Cek Angkutan Umum

Dishubkominfo Cek Angkutan Umum

  Sabtu, 25 June 2016 10:20
APEL SIAGA: Apel siaga pengamanan angkutan lebaran di Terminal Pasiran, Singkawang Barat, Jumat (24/6). Apel juga diikuti Satuan Lalu Lintas Polres Singkawang dan Perwakilan Jasa Raharja Kota Singkawang serta Organda Kota Singkawang. HARI KURNIATHAMA/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SINGKAWANG -- Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang menggelar apel siaga pengamanan angkutan lebaran di Terminal Pasiran, Singkawang Barat, Jumat (24/6). Apel juga diikuti Satuan Lalu Lintas Polres Singkawang dan Perwakilan Jasa Raharja Kota Singkawang serta Organda Kota Singkawang.

Kepala Dishubkominfo Kota Singkawang, Sumastro dalam sambutannya  mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk menunjukkan komitmen bersama untuk melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat khususnya untuk memastikan bahwa seluruh angkutan umum baik barang maupun penumpang dalam keadaan baik dan dapat memberikan jaminan aspek keselamatan kepada pengguna jasa angkutan umum.

“Tugas dan fungsi kita adalah untuk memberikan pelayanan dan keselamatan. Hal itu dilakukan dengan ram cek angkutan umum. Untuk itu kegiatan ram cek harus dilaksanakan secara teroganisir dan sistematis serta sungguh untuk memastikan seluruh item pada angkutan umum dilakukan secara satu persatu tanpa menggunakan sistem sampling atau perwakilan saja,” jelas Sumastro.

Pihaknya bersama Jajaran Satlantas Polres Singkawang dan Jasa Raharja akan menggelar Ram Chek untuk memastikan angkutan umum baik barang maupun penumpang laik jalan sehingga aman untuk digunakan.

 “Kita akan melaksanakan tiga kali Ram Chek, Untuk Pertama, hari ini di terminal Pasiran, kemudian yang kedua akan dilaksanakan  di pasir panjang dengan mengecek kendaraan yang datang dari arah Pontianak dan Arah Sambas dan yang ketiga akan dilaksanakan di Pekong Kulor untuk mengecek kendaraan yang datang dari arah Bengkayang,” terang Sumastro.

Sumastro menjelaskan bahwa kegiatan Ram Chek meliputi pemeriksaan teknis layak jalan serta administrasi kendaraan.

“Petugas memeriksa lampu, kelengkapan surat-surat, kondisi kendaraan serta penyediaan peralatan tanggap darurat keselamatan. Baik mulai dari alat pemecah kaca, jalur darurat dan obat-obatan,” jelas Sumastro.

Sumastro berharap tahun 2016 tini idak ada musibah atau kecelakan serta korban yang menimpa angkutan umum dan penumpangnya. (har)

Berita Terkait