Diprediksi Naik, Belum Ada Ekstra Flight

Diprediksi Naik, Belum Ada Ekstra Flight

  Senin, 14 December 2015 08:58
Bandar Udara Inrternasional Supadio di Pontianak,. Kalimantan Barat. Foto Asep Haryono/www.simplyasep.com

Berita Terkait

PONTIANAK - Lonjakan jumlah penumpang di Bandara Supadio Pontianak diperkirakan akan terjadi menjelang h-7 perayaan Natal dan Tahun Baru 2016. Hanya saja sampai sekarang belum terjadi permintaan ekstra flight (permintaan tambahan penerbangan) dari berbagai maskapai.

Syarif Usmulyani Alkadrie, Staf Ahli PT Angkasa Pura II Supadio Pontianak menjelaskan mengatakan, hingga kemarin belum ada perubahan jadwal penerbangan. “Indikatornya belum terjadi ekstra flight dari berbagai maskapai di Kalbar,” katanya, Minggu (13/12) di Pontianak. Menurut dia belum adanya tambahan penerbangan di Bandara Supadio dimungkinkan karena perekonomian masyarakat sedang kendur pada tahun 2015. Makanya berbagai maskapai yang biasanya jauh-jauh hari mengajukan ekstra flight, belum melakukan. Biasanya surat-surat untuk penambahan ekstra flight sudah jauh hari dilakukan. ”Intinya momen Natal dan Tahun Baru 2016, banyak yang datang dan pergi,” ujarnya.

Dia menjelaskan untuk penerbangan sekarang masih terpenuhi kuotanya. Artinya baik penumpang datang dan pergi, jumlahnya masih landai sekarang. Namun lonjakan penumpang biasanya terjadi menjelang satu minggu perayaan Natal atau mendekati Tahun Baru 2016. ”Kita lihat saja nanti,” terang dia.   General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Supadio Pontianak, Bayuh Iswantoro sebelumnya mengatakan, lonjakan jumlah penumpang akan terjadi menjelang Natal dan Tahun Baru 2016 mendatang. “Jika dibanding hari biasa. Diprediksikan naik sekitar 8 persen. Sepertinya juga jumlah penumpang tahun 2015 lebih tinggi dari tahun lalu,” katanya.

Untuk mengantisipasi kenaikan jumlah penumpang, Bandara Supadio Pontianak memperketat peningkatkan pengamanan. Bandara membuka posko Natal dan Tahun Baru termasuk memaksimalkan seluruh sarana dan prasarana. “Biasanya ada posko. Harapannya memudahkan penumpang mendapatkan pelayanan lebih baik menjelang perayaan hari besar keagamaan,” ujarnya.

Kondisi pembangunan bandara memang sepenuhnya belum rampung. Pihak bandara sudah mendesain sistem pelayanan dengan tujuan tidak menghambat aktivitas dan optimalisasi pelayanan di bandara. Memaksimalkan layanan penumpang, terminal baru yang saat ini sudah digunakan dilengkapi Conveyor Belt terbaru untuk penanganan bagasi. Ada juga lift dan eskalator untuk mempermudah pengguna jasa bandara. “Tahap I telah selesai. Kemudian difokuskan pada pengembangan tahap II dan kami targetkan bisa rampung tahun depan,” katanya.

Pada liburan Natal dan Tahun Baru tahun sebelumnya terjadi peningkatan jumlah penumpang dari 15 sampai 30 persen dari kondisi normal. Peningkatan penumpang terjadi karena saat perayaan Natal dan pergantian Tahun Baru bersamaan dengan liburan anak-anak sekolah. Itu juga ditopang dengan beberapa maskapai penerbangan sudah mulai mengajukan penambahan jam terbang, bahkan penambaan dari sisi cargo. (den)

 

Berita Terkait