Dipesan Hingga ke Luar Negeri

Dipesan Hingga ke Luar Negeri

  Sabtu, 14 May 2016 14:00

Berita Terkait

PONTIANAK - Menjadi pengusaha tidak terlintas dalam pikiran Sulastri.  Berawal dari ketidaksengajaan, dia kini memiliki produk makanan ringan yang sudah dijual hingga ke mancanegara. Padahal pembuatan cemilan ini hanya rumahan, Jalan Ya' M Sabran Komplek Vila Elektrik, Pontianak. Wangi dari makanan tersebut berasal dari pabrik sederhana milik perempuan 45 tahun tersebut. Produknya diberinama Niki Enak.

Merek Niki Enak diciptakan belum lama ini. Namun usaha Sulastri sudah dimulai sejak tahun 1999 silam.  Awalnya, usaha ini dimulai dengan niat coba-coba. “Saya suka masak. Sering saya membuat keripik tempe dan rempeyek. Itu hanya untuk lauk yang dikonsumsi pribadi saya dan keluarga,” sebutnya.

Namun sambutan positif datang setelah beberapa tetangga mencicipi hasil olahannya, Belakangan, mereka mulai minta dibuatkan makanan tersebut. Lantaran rasanya yang enak, makanan olahan Sulastri pun tersebar ke banyak orang. Pesanan pun bermunculan. “Dari situ saya mulai memproduksi untuk bisnis secara total,” kata dia.

Kian hari, pesanan semakin banyak. Dia lantas berinisiatif memasarkan produknya ke toko-toko kecil dengan kemasan yang sederhana guna memperkenalkan kepada publik. Hanya dengan dua varian makanan, keripik tempe dan rempeyek ternyata hasilnya tidak mengecewakan.

Walaupun sudah punya banyak pelanggan tetap, dia merasa usahanya belum cukup berkembang. Sulastri pun rajin mencari informasi kiat sukses berbisnis. Dia juga mendaftar sebagai siswa Inkubator Bisnis, program pencetak wirausahawan yang diadakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalbar, dengan masa pendidikan per semester ini. “Di sini mematangkan ilmu manajemen dan pemasaran, terutama pembukuan. Di sini saya juga diajarkan untuk lebih kreatif,” katanya.

Ide-ide kreatif pun bermunculan. Salah satunya adalah mencipatakan banyak varian jenis dan rasa pada cemilannya.  Dia mulai melirik bahan baku ikan yang jumlahnya melimpah di Kalbar, tetapi hanya diolah sebagai lauk sehari-hari oleh masyarakat.

Kini Niki Enak memiliki snack ikan bilis krispi, ikan teri, stik udang rumput laut, dan lainnya. Selain itu dia juga mempercantik dan meningkatkan kualitas kemasan produknya.  Niki Enak kini dapat bertahan hingga 4 bulan jika disimpan dalam tempat yang rapat atau kedap udara, dan punya kemasan yang menarik.

Ke depan, Sulastri ingin usahanya lebih maju lagi. Dia juga ingin menambah varian cemilannya. Menurutnya, Kalimantan Barat memiliki banyak bahan baku yang bisa diolah menjadi produk makanan enak dan bergizi.

“Saya ingin lebih menggali kreativitas lagi. Saya tidak takut bersaing dengan produk snack lain yang lagi menggeliat di Pontianak. Di bisnis kuliner, rasa dan kreativitas sangat penting,” pungkasnya. (ars)

Berita Terkait