Diperiksa Provost di Depan Gerbang

Diperiksa Provost di Depan Gerbang

  Rabu, 12 Oktober 2016 09:30
PERIKSA: Jajaran Provost Polres Mempawah memeriksa kelengkapan surat berkendara milik Anggota di gerbang pintu masuk Mapolres Mempawah. WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

MEMPAWAH- Meningkatkan disiplin bagi anggotanya, Provost Polres Mempawah melaksanakan pemeriksaan mendadak di depan pintu gerbang masuk Mapolres, Senin (10/10) pagi. Dalam kegiatan penegakan, penertiban dan disipin (Gaktiplin) itu, Provost memeriksa dokumen keanggotaan dan kendaraan.

Kegiatan Gaktiplin yang dilaksanakan secara dadakan itu tampak berhasil mengejutkan Anggota Kepolisian setempat. Sejumlah anggota tampak kaget ketika diberhentikan oleh Provost di depan pintu gerbang Mapolres Mempawah.

Mereka pun diminta untuk mengeluarkan dokumen keanggotaan dan surat-surat kendaraan. Mulai dari SIM, STNK hingga Kartu Tanda Anggota (KTA) Polres Mempawah. Termasuk pula memeriksa sikap hingga kerapian pakaian. Satu persatu anggota melewati pemeriksaan petugas berbaret biru itu.

 “Gaktiplin ini dilaksanakan untuk melihat tingkat disiplin Anggota Polres Mempawah. Baik itu dari sisi tampilan berpakaian hingga dokumen penting seperti KTA dan surat kendaraan. Kita ingin para anggota ini bisa disiplin terhadap diri sendiri. Karena, Polisi itu menjadi teladan bagi masyarakat,” tegas Kanit Provost Polres Mempawah, Ipda Dodi Supono.

Sebagai aparat penegak hukum, sambung Dodi, sudah seharusnya seluruh personil kepolisian mendisiplinkan diri. Jika disiplin terhadap diri sendiri telah dilakukan dengan baik, maka para personil dapat menjalankan tupoksinya sebagai pelayan, pengayom dan pelindung masyarakat.

 “Kalau diri sendiri saja belum disiplin, bagaimana bisa mendisiplinkan masyarakat. Makanya, tugas kami (Provost) mendisiplinkan para anggota. Sehingga sikap disiplin tersebut dapat ditularkan kepada masyarakat luas,” harapnya.

Disamping itu, imbuh Dodi, sikap disiplin sangat penting bagi satuan kepolisian dalam mendukung pelaksanaan tugas dilapangan. Mengingat, polisi senantiasa dituntut siap sedia melayani masyarakat selama 24 jam.

 “Sudah menjadi tugas dan tanggungjawab seorang polisi memberikan pelayanan yang maksimal. Terutama menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) agar selalu kondusif dan terkendali,” tukasnya.(wah)

Berita Terkait