Diminta Aktif Sebarkan Informasi Daerah

Diminta Aktif Sebarkan Informasi Daerah

  Selasa, 5 April 2016 09:34
BERBINCANG: Walaupun di hari libur, pada Minggu (3/4) lalu, Bupati Ketapang Martin Rantan SH masih menyempatkan waktunya meninjau RKK Kabupaten Ketapang. ISTIMEW

Berita Terkait

KETAPANG – Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Kabupaten Ketapang yang terletak di Jalan Letkol M Thohir, telah berubah nama menjadi Radio Kabupaten Ketapang (RKK) sejak 2014. Lembaga penyiaran yang masih dalam proses menjadi Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) tersebut, Minggu (3/4) lalu ditinjau Bupati Ketapang Martin Rantan SH.

Selain meninjau kondisi bangunan radio pemerintah yang dikelola Subbag Media Massa dan Penyaringan Informasi Bagian Humas Setda Ketapang tersebut, Bupati juga berdiskusi langsung dengan operator dan penyiar yang bertugas pada hari libur tersebut. Bupati mengakui bagaimana fungsi radio yang strategis dalam penyebarluasan informasi ke masyarakat Kabupaten Ketapang, bahkan bisa dijangkau sampai ke Provinsi Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, dan beberada daerah lainnya.

Selama ini, diakui dia, RKK secara aktif menyiarkan setiap agenda paripurna DPRD dan kegiatan pemerintah daerah lainnya. Dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi penyiaran, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran, Bupati juga memberikan masukan berupa pentingnya peningkatan informasi berita daerah. Informasi berita daerah ini dinilainya dapat mencerdaskan masyarakat, khususnya dalam meningkatkan wawasan akan informasi pembangunan yang sudah dilakukan pemerintah daerah.

Selain berfungsi menyebarkan informasi dan mendidik masyarakat, Bupati juga mengharapkan peran dan fungsi radio dalam menghibur masyarakat. Dia melihat RKK sampai saat ini masih dominan dipantau oleh masyarakat kecamatan yang memerlukan informasi daerah. Sebab, dia menambahkan, selain jangkauan radio, penyebarluasan informasi melalui media cetak masih terbatas dan belum menjangkau sebagian masyarakat kecamatan. Tidak heran, diakui dia jika selama ini masyarakat di kebun karet maupun di ladang, mendengarkan informasi dan hiburan melalui radio. Oleh karena itu, Bupati mengharapkan acara musik hiburan pelepas lelah kembali diaktifkan dan waktunya juga diperbanyak. (ser)

Berita Terkait