Diminati Hingga Mancanegara, Setahun Laku 20.000 Botol

Diminati Hingga Mancanegara, Setahun Laku 20.000 Botol

  Kamis, 19 January 2017 09:30
SAMPO SWALLES: Owner Swalles, Felis Noviyana (baju merah) sedang melayani pengunjung pameran produk sampo tersebut di Ayani Megamal, Pontianak, kemarin (18/1). Sampo dari sarang burung walet ini sudah terjual 20.000 botol dalam setahun. ARISTONO/PONTIANAK

Berita Terkait

Melihat Sampo Buatan Pasutri Pontianak

Siapa bilang produk perawatan buatan lokal tak mampu bersaing dengan merek-merek besar. Nyatanya sampo Swalles milik pasangan suami istri asal Pontianak diminati banyak orang. Kendati harganya relatif mahal, sampo ini sudah terjual 20.000 botol dalam setahun terakhir.

Aristono, Pontianak

Tepat setahun menemukan brand sampo Swalles, Fransiskus Wiraya (32) dan Felis Noviyana (24) menggelar pameran dan perayaan di Ayani Megamal Pontianak, kemarin (18/1). Di sini mereka memberikan berbagai macam diskon untuk para konsumen yang membeli produk sampo dan conditioner berbahan baku sarang burung walet ini. “Setahun ini cukup memuaskan buat kami, karena produk kami diterima tidak hanya di Pontianak tetapi juga secara nasional,” bangga Felis.

Produk Swalles sudah beredar di kota-kota besar di Indonesia. Bahkan kerap kali mereka mendapat pesanan dari luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Hongkong, Taiwan, Australia dan beberapa negara lainnya. Padahal Frans dan Felis hanya mengandalkan penjualan secara online dan beberapa kali menggelar pameran.

“Rata-rata penjualan kami dalam 1500 botol per bulan. Kalau ditotal kira-kira tahun lalu kami sudah menjual sebanyak 15.000-20.000 botol. Agak kaget juga sih. Karena produk kami kan tergolong baru, lagi pula kami tidak membuka reseller atau outlet di luar Pontianak,” katanya. Untuk menitipkan ke toko atau retail juga belum. Satu botol ukuran 250 mililiter harganya Rp170 ribu. Sementara yang botol 500 ML harganya Rp300 ribu. Ini karena bahan bakunya mahal. Jadi kalau kami jual di retail akan kalah bersaing dengan sampo lainnya,” sambung dia. 

Diakui dia, secara kuantitas, penjualan dengan cara ini sangat terbatas. Namun, sebut dia, pihaknya belum mengejar jumlah penjualan. Mereka mengejar branding terlebih dahulu. “Bagi saya kepuasan utama bukan dari nominal penjualan yang dicapai. Yang lebih berkesan dan membahagiakan adalah tanggapan positif dari pemakai sampo Swalles dan merasakan manfaat masalah pada rambut dan kulit kepala bisa teratasi,” kata dia.

Berbagai kreativitas dan inovasi terus dilakukan untuk mengembangkan produk yang bahan bakunya diambil dari Singkawang, Kubu Raya dan Ketapang ini. Demi meningkatkan tampilan produk misalnya, Frans dan Felis mengganti kemasan lama dengan botol yang lebih ciamik. “Botol baru ini kami pesan khusus dari Tiongkok dan sablonnya juga di sana. Kita mau produk Swalles ini lebih cantik saja tampilannya,” sebut mantan model ini.

Selain itu, penguatan brand juga ditonjolkan. Mereka berusaha mengkampanyekan bahwa sarang burung walet memiliki khasiat yang bagus untuk rambut dan kulit kepala. Kandungan yang terdapat pada satang walet adalah protein, karbohidrat, kolagen, zat besi, cell division inducing hormone, dan “epidermal growth factor (EGF)” yang dapat mempengaruhi pertumbuhan jaringan pertumbuhan, regenerasi sel, dan kekebalan tubuh.

Apalagi sampo dengan bahan baku sarang burung walet ini baru ditemukan belakangan ini, dan saat ini masih satu-satunya di dunia. Hebatnya, resep racikan sampo itu ditemukan oleh mereka berdua. “Mungkin bahan ini belum dilirik lantaran mahal. Di pasaran harga sarang burung wales bisa berkisar di angka belasan juta rupiah per kilogramnya. Bahkan sarang walet dengan kualitas terburuk pun minimal harganya Rp 3juta per kilogram,” sebut Frans.

“Kalau dilihat harga jualnya memang lumayan tinggi. Tetapi konsumen kami juga melihat masa pakainya yang panjang, karena ciri dari sampo kami ini satu tetes sudah menghasilkan busa banyak,” imbuhnya.

Sampo ini sendiri dibagi menjadi dua varian. Varian dengan label warna hijau untuk rambut tak berminyak. Sementara label warna jingga dikhususkan untuk karakter rambut berminyak. “Tetapi fungsinya sama saja, untuk mencegah kerontokan, mengatasi ketombe, memperkuat rambut, dan masalah rambut lainnya. Satu sampo ini punya berbagai manfaat,” pungkas dia.

Sebagai informasi, selama pameran yang berlangsung hingga 24 Februari, Swalles memberikan diskon khusus hingga Rp95 ribu per set (sampo dan spa conditioner). (**) 

Berita Terkait