Dewan Tetapkan Empat Perda

Dewan Tetapkan Empat Perda

  Kamis, 10 December 2015 09:13
PARIPURNA: Rapat Paripurna untuk mengesahkan empat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda), menjadi Peraturan Daerah (Perda) yang dilaksanakan di ruang sidang gedung DPRD Kayong Utara pada Selasa(8/12) siang. DANANG PRASETYO/Pontianak Post.

Berita Terkait

SUKADANA-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kayong Utara (KKU) mengesahkan empat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda), menjadi Peraturan Daerah (Perda), pada Rapat Paripurna yang dilaksanakan di ruang sidang gedung DPRD KKU, Selasa(8/12) siang.

Sementara itu, pada Rapat Paripurna ini turut dihadiri Bupati Kayong Utara, H. Hildi Hamid beserta jajarannya, para kepala SKPD, Kepala Badan, Kepala Kantor, instansi vertikal dan Pimpinan BUMN / BUMD, serta Camat se-Kabupaten Kayong Utara.

Pada keputusan pengesahan tersebut dilakukan pada rapat paripurna penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi sekaligus  pengambilan keputusan terhadap empat Rancangan Peraturan Daerah tahun 2015 menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Kayong Utara. Perda yang telah tuntas dan berharap setelah Perda ini dapat diimplementasikan di lapangan oleh Pemerintah Daerah.

Pimpinan rapat, yang juga merupakan Ketua DPRD KKU, M. Sukardi pada sambutan pembukanya menjelaskan bahwa, berdasarkan Rapat Paripurna sebelumnya yang telah dilaksanakan, Senin(30/9) lalu, telah diterbitkan Surat Keputusan DPRD KKU tentang pembentukan Panitia Khusus pembahas empat Ranperda KKU 2015. Dimana selanjutnya dilakukan pembahasannya oleh Pansus satu dan dua.

“Pada empat Ranperda tersebut, mengenai Badan Permusyawaratan Desa, Perangkat Desa, Pengelolaan Pasar Rakyat dan Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 14 tahun 2011 tentang Restribusi Pelayanan Kepelabuhan,” terang Sukardi, yang juga sebagai pimpinan rapat pansus.

Sukardi menambahkan, untuk ke empat Ranperda tersebut telah dilaporkan oleh masing-masing Pansus kepada Pimpinan DPRD KKU. Namun sebelum diambil keputusan, sambung dia, untuk menyetujui serta menetapkannya menjadi Peraturan Daerah, mesti didahului penyampaian laporan pendapat akhir masing-masing fraksi di DPRD KKU, berjumlah enam fraksi.

”Seperti apa yang telah disampaikan oleh ke enam fraksi, pada prinsipnya Anggota DPRD dapat menerima dan menyetujui secara research untuk diproses lebih lanjut menjadi Peraturan Daerah Kayong Utara. Walaupun sempat adanya beberapa catatan kritis, perbaikan, saran ataupun hal-hal lain yang perlu mendapat perhatian dalam ke empat Ranperda tersebut,”tutur Sukardi.
Selanjutnya, surat Keputusan DPRD akan ditandatangani dan keputusan tersebut akan diberi nomor. Kemudian, sambung Sukardi, surat Keputusan dari DPRD serta pendapat akhir masing-masing Fraksi

DPRD Kabupaten Kayong Utara disampaikan kepada Bupati Kayong Utara, melalui Sekretariat DPRD sebagai bahan pertimbangan guna ditindaklanjuti secara seksama. “Pada rapat Paripurna ini diakhiri dengan penandatangan berita acara Persetujuan bersama, antara Bupati dengan DPRD Kabupaten Kayong Utara terhadap empat Rancangan Peraturan Daerah menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Kayong Utara 2015,”ujar Sukardi. (dan)

 

Berita Terkait